Vaksinasi Lansia, Petugas “Mobile” Keliling Kampung

  • Bagikan
Vaksinasi bagi warga lansia dilakukan dengan jemput bola atau petugas kesehatan keliling kampung. (doc)

CILACAP – Vaksinasi yang menyasar warga lanjut usia (lansia), dibuat berbeda dengan kelompok umur lainnya. Warga tidak harus datang ke pusat kesehatan seperti puskesmas, klinik ataupun rumah sakit terdekat.

Namun kali ini, vaksinasi bagi para warga lansia ini digelar di pusat pemerintah terdekat. Seperti balai desa atau sejenisnya. Petugas medis datang ke lokasi sambil membawa peralatan pendukung serta vaksin.

“Mobile (keliling). Petugas yang datang ke balai desa,” ujar Kepala Puskesmas Majenang 2, Nunung Tri Banowati, Senin (21/6/2021).

Dia mencontohkan kegiatan di balai Desa Pahonjean. Kegiatan serupa dilanjutkan di desa lain. Namun khusus Desa Jenang, kegiatan akan dipusatkan di kantor Puskesmas Pembantu yang ada di pusat kota.

“Di pustu (puskesmas pembantu) Jenang,” kata dia.

Nunung menambahkan, ada 1924 sasaran di wilayah kerja Puskesmas Majenang 2. Namun dirinya tidak mengetahui secara pasti total sasaran di puskesmas wilayah lain.

Menurutnya, vaksinasi bagi warga lansia pada Juni 2021 ini baru untuk tahap pertama. Lansia sasaran berbeda dengan vaksinasi sebelumnya.

“Dulu kan sudah. Sampai vaksinasi ke dua. Kalau yang sekarang beda warga. Yang sekarang baru vaksinasi pertama,” kata dia.

Vaksinasi bagi lansia ini diberikan setelah pemerintah pusat kembali mengirimkan dosis ke Kabupaten Cilacap pada awal Juni 2021.

“Ya, kemarin kan ada tambahan vaksin,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Griyana Dewi memastikan,

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cilacap terus berjalan. Saat ini masih menyasar kepada kelompok lansia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griyana Dewi mengatakan jika Cilacap kembali mendapatkan 45 ribu dosis vaksin Covid-19. Sementara sebelumnya Cilacap telah mendapatkan 120 ribu dosis vaksin.

“Laju atau kecepatan vaksinasi Cilacap cukup tinggi sehingga kita mendapatkan alokasi vaksin dari pusat itu cukup banyak. Termin terakhir ini mendapatkan 45 ribu dosis lagi. Nanti kita jadwalkan untuk pemberian vaksinasi lansia dan pra lansia yakni 50 tahun ke atas,” ujarnya. (*)

  • Bagikan