Youtuber Cilacap Bisa Awasi Program Pemerintah

  • Bagikan
Sejumlah konten kreator ikuti pelatihan dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Cilacap di Ponpes El Falah Cipari, Selasa (2/11/2021). Konten kreator bisa ikut awasi dan kritisi program pemerintah lewat video, foto dan tulisan. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Youtuber di Kabupaten Cilacap, bisa ikut secara aktif memberikan pengawasan dan mengkritisi kebijakan pemerintah. Caranya dengan mengupload konten ke media sosial dan mendorong agar kebijakan lebih aspiratif dan sesuai dengan kondisi masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Syaiful Mustangin mengatakan, konten seperti ini mampu memberikan dorongan kepada pemerintah. Tujuannya agar kebijakan lebih sesua dengan potret masyarakat.

“Ini harus bisa mendorong agar pengambil kebijakan bisa lebih, seperti saya di dewan dan dinas untuk lebih aspiratif,” ujar Syaiful saat membuka Pelatihan Sinematografi di Pondok Pesantren El Falah, Desa Pegadingan Kecamatan Cipari, Selasa (2/11/2021).

Dia mengatakan, media sosial pada dasarnya bisa membawa keuntungan finansial bagi pemilik akun. Ini karena media sosial tetap memiliki untuk membentuk opini publik, memberikan informasi sampai hiburan. Seperti saat pemilihan presiden lalu.

“Perang dalam pemilihan presiden Amerika ternyata ada peran media sosial. Dan ini uang besar,” kata dia.

Edi Sukamto dari Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap berharap agar konten kreator mampu memberikan dukungan terhadap pengembangan potensi wilayah. Seperti mengangkat produk lokal agar lebih terkenal luas.

Tentu saja, hal ini mesti ada dukungan dari pemilik produk. Seperti kemasan yang menarik agar bisa masuk ke pasar modern atau lainnya.

“Kemasan tentu harus menarik,” ujar Edi.

Dia menambahkan, saat ini perdagangan nyata sudah mulai bergeser ke online. Hingga siapapun bisa terlibat, baik sebagai penjual maupun pembeli.

“Sekarang eranya digital. Ibu-ibu dari rumah bisa jualan dan dapat uang,” tegasnya.

Dalam pelatihan tersebut, para konten kreator mendapatkan materi dan praktek secara langsung dengan pemateri Insan Indah Pribadi dari Komunitas Sangkanparan. Mayoritas peserta yang merupakan youtuber ini membuat konten di lokasi pelatihan. Mereka juga membuat rencana bersama sebagai tindak lanjut dari pelatihan tersebut. (*)

  • Bagikan