Basarnas Cilacap Tutup Operasi SAR

  • Bagikan
Basarnas Cilacap mengakhiri Operasi SAR karena tidak ada korban di dalam kapal Pengayoman IV, Jumat (17/9/2021) sore. Kapal Pengayoman IV terbalik, Jumat (17/9/2021). (doc)

CILACAP – Basarnas Cilacap memastikan tidak ada korban lain akibat terbaliknya kapal Pengayoman IV di perairan Segara Anakan, Jumat (17/9/2021). Korban hanya ada 7 orang, dimana 5 selamat dan 2 meninggal dunia.

Proses pencarian dan evakuasi korban melibatkan penyelam Basarnas, Polres dan Lanal Cilacap dan sejumlah relawan. Tim gabungan ini melakukan penyelaman secara bergantian sejak pukul 12.30, Jumat siang. Namun sampai sore hari, mereka tidak menemukan korban lainnya. Basarnas kemudian secara resmi menutup operasi Search and Resque (SAR), Jumat sore.

Kepala Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan, pelibatan tim gabungan ini untuk memastikan tidak adanya tanda-tanda korban jiwa.

“Tidak ada korban jiwa lagi hingga kami bersama unsur lain menyepakati penutupan Operasi SAR,” katanya.

Dia memastikan, petugas berhasil menemukan 7 orang. Dua meninggal dunia dan lima berhasil selamat. Korban selamat masih dalam perawatan petugas medis di salah satu rumah sakit di Cilacap.

“Korban hanya 7 orang,” tegasnya.

Sebelumnya, kapal Pengayoman IV milik Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, mengalami kecelakaan hingga terbalik, Jumat (17/9/2021). Kapal ini berangkat dari dermaga Wijayapura Cilacap menuju Nusakambangan.

Kapal berangkat pukul 09.05 dari dermaga Wijayapura. Setelah memasuki perairan Segara Anakan, sebuah selat antara Jawa dan Nusakambangan, arus kuat dan angin kencang menghantam kapal. Kapal yang membawa 2 uit dum truck dan sejumlah orang ini kemudian terbalik ke kanan.

Belakangan diketahui, kapal ini sudah miring sesaat sebebelum menyeberang ke Nusakambangan. Saksi mata, Juhari mengaku melihat kapal sudah miring sekitar pukul 09.00.

Nahas, kapal tersebut terbalik saat cikar kiri ke arah Dermaga Sodong, Nusakambangan. Diduga kapal tersebut miring akibat dorongan angin kencang dan arus kuat. Sejumlah nelayan langsung melakukan penyelamatan penumpang dan ABK Kapal Pengayoman IV. (*)

  • Bagikan