News  

Basarnas Siaga Khusus Selama Mudik

Basarnas Cilacap gelar Apel Siaga SAR Khusus, Senin (25/4/2022). Petugas Basarnas Cilacap siaga selama arus mudik. (doc)

CILACAP – Kantor Basarnas Cilacap memberlakukan Siaga Khusus selama arus mudik, lebaran arus balik pada 2022 ini. Penyebabnya karena pemerintah pusat membuka kran untuk mudik lebaran. Hingga akan ada pergerakan jutaan orang selama arus mudik, lebaran hingga arus balik nanti.

Hal ini terungkap saat Basarna Cilacap menggelar Apel SAR Siaga Khusus di kantor Basarnas Cilacap, Senin (25/4/2022). Seluruh petugas dan peralatan pendukung dalam kondisi siap untuk mendukung kebijakan tersebut.

Siaga SAR khusus Basarnas selama mudik ini bertujuan untuk melakukan evakuasi dan penanganan medis darurat. Baik korban kecelakaan maupun kondisi yang membahayakan manusia.

Siaga SAR Khusus lebaran tahun 2022 ini akan berlangsung selama 21 hari. Mulai sejak 22 April 2022 sampai 12 Mei 2022. Sementara puncak arus mudik di perkirakan akan terjadi pada 28 April sampai 7 Mei 2022.

Kepala Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengerahkan 64 personil. Selian itu juga ada peralatan SAR yakni 3 unit RIB (Rigit Inflatable Boat), Rescue Car, Rescue Carrier, Rescue Car Compartement, Rescue Truck Compartement, ATV Big Patrol, Rubber Boat, Jukung Katir dan Peralatan SAR Lainya.

“Kita selalu koordinasikan dengan pihak terkait seperti Polri, TNi, Dinas Perhubungan dan lainya,” kata I Nyoman Sidakarya.

Dia menekankan, Siaga SAR Khusus Lebaran sekaligus menjadi ajang untuk meningkatkan koordinasi, kesiapan personil, peralatan, keterampilan, kesigapan untuk peningkatan kecepatan respon time.

“Tapi tetap mengedepankan protokol kesehatan,” kata dia. (*)