Cacar Monyet Belum ke Cilacap

ilustrasi

CILACAP – Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap memastikan, penyakit cacar monyet belum masuk ke wilayah tersebut. Sampai saat ini, petugas medis belum pernah menemukan pasien terjangkit cacar monyet atau memiliki gejala yang mengarah ke sana.

Cacar monyet atau monkeypox sudah terjadi di sejumlah negara. Dan WHO menjadikannya sebagai salah satu ancaman serius. Hingga badan di PBB yang mengurusi kesehatan ini menyebutnya sebagai kasus yang mendekati pandemi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Griyana Dewi memastikan, cacar monyet belum masuk ke Cilacap. Termasuk belum adanya warga yang menunjukkan tanda-tanda terpapar.

“Alhamdulillah sampai saat ini belum ada pasien ataupun orang yang terindikasi terpapar cacar monyet,” kata Pramesti.

“Insya alloh tetep aman,” tambahnya.

Pramesti menambahkan, penyakit ini tersebar oleh virus. Namun jenis berbeda dengan virus Covid19 yang menjadi momok sejak 2020 sampai 2022.

“Itu karena virus dan sebetulnya seperti virus lain. Beda dengan Covid19,” katanya.

Dia menerangkan, cara terbaik menghindari penyakit ini adalah dengan menjaga imunitas tubuh. Kemudian melakukan olah raga secara teratur dan menjaga pola makan bergizi. Cara ini menjadi langkah paling ampuh untuk mencegah terpapar monkeypox.

“Tetap jaga jarak lah di kerumunan. Jangan terlalu (berkerumun),” katanya.

Dia juga meminta agar masyarakat tidak melakukan kontak dengan pasien terpapar. Karena penyakit ini akan menular jika sudah bergejala

“Tidak kontak erat dengan yang terkena. Insya alloh aman,” tegasnya. (*)