News  

Jalan Nasional di Cilacap Tertutup Lumpur

Petugas gabungan tengah membersihkan jalan nasional yang tertutup lumpur, Jumat (26/1/2024). Jalan nasional tertutup lumpur usai hujan deras dan proses pembersihan melibatkan mobil pemadam. (doc)

CILACAP – Satu titik ruas jalan nasional di Kecamatan Majenang, Cilacap, tertutup lumpur usai hujan deras sepanjang Jumat (26/1/2024) sore. Akibatnya, petugas memaksa pengendara melintas secara bergantian karena jalan licin dan membahayakan pengendara.

Hujan deras turun sejak sekitar pukul 16.00 selama 1 jam lebih. Hal ini membuat air bercampur lumpur turun ke drainases di tepi jalan nasional. Karena lumpur terlalu tebal, saluran tidak mampu menampung hingga melimpas ke jalan nasional. Alhasil, jalan nasional di Cilacap ini tertutup lumpur.

“Di bukit ada jalur air ke bawah menuju selokan di tepi jalan. Air dari atas bawa lumpur yang kemudian meluap ke jalan,” ujar Kepala Desa Cilopadang, Warso.

Kapolsek Majenang, AKP Hadi Nugroho mengatakan, lumpur yang tutup jalan tergolong tinggi. Semula warga bersama aparat gabungan melakukan kerja bakti.

“Tadi sekitar jam setengah enam sudah mulai kerja bakti. Tapi memang berat hingga pembersihan melibatkan mobil pemadam,” kata dia.

Sepanjang pembersihan jalan nasional yang terutup lumpur, petugas memberlakukan sistim buka tutup. Kendaraan harus melintasi jalan ini secara bergantian. Petugas mempertimbangkan faktor keselamatan.

Tumpukan lumpur ini akan mudah membuat kendaraan tergelincir. Terutama, kendaraan roda 2. Sistim buka tutup ini terus berlanjut sampai kemudian seluruh lumpur bersih dari atas jalan.

“Kalau dibiarkan melintas, akan membahayakan kendaraan karena lumpur membuat jalan jadi licin,” katanya.

Penanganan jalan nasional tertutup lumpur ini selesai setelah petugas bekerja selama kurang lebih 4 jam penuh. Petugas gabungan ini terdiri dari unsur TNI, Polri, Pemadam Kebakaran, BPBD, Satpol PP dan petugas Pengawas Jalan Nasional. (*)