Kepala Pasar Harus Patroli Pastikan Penerapan Prokes

  • Bagikan
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berbincang dengan pedagang dalam sebuah kesempatan meninjau pasar Majenang. Dia memerintahkan kepala pasar untuk selalu patroli memastikan penerapan prokes. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Fasilitas umum berupa pasar tradisional dan tetap buka selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), memberikan 2 dampak sekaligus. Pertama menjadi pusat penyedia kebutuhan dasar masyarakat berupa bahan pangan. Kedua adalah menjadi lokasi berpotensi terjadinya penyebaran Covid19.

Faktor kedua ini harus diantisipasi dengan melibatkan seluruh unsur. Tidak terkecuali petugas dan kepala pasar. Komponen ini harus bisa memastikan seluruh elemen pasar menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang menjadi langkah awal mengurangi potensi penyebaran Covid19 di tempat umum.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji memerintahkan agar Kepala Pasar harus berpatroli setiap hari dan memastikan penerapan prokes. Selain itu juga untuk mengajak warga pasar tetap mematuhi prokes.

“Kepala Pasar harus keliling. Pastikan semua harus (kegiatan) dengan (menerapkan) prokes,” katanya.

Menurutnya, pasar dan fasilitas umum sudah memiliki sarana penunjang prokes. Sebut saja tempat cuci tangan dengan air mengalir serta dilengkapi sabun. Alat ini tidak akan membawa pengaruh jika tidak dipakai warga pasar. Selain itu, penggunaan masker juga harus tetap diterapkan.

Dia melihat masih ada beberapa orang yang bepergian dan beraktifitas di pasar tanpa masker. Meskipun jumlahnya sangat sedikit dan prosentasenya kecil.

“Saya lihat hanya beberapa persen saja yang melanggar prokes. Lainnya sudah taat,” kata Tatto.

Menurutnya, penerapan prokes dimanapun menjadi sangat penting karena merupakan benteng pertama mencegah Covid19. Apalagi saat harus berada di tempat umum dan ramai seperti pasar. Tempat seperti ini bisa saja menjadi lokasi penyebaran karena sangat mungkin ada Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Mereka tidak kena tapi bisa menularkan. Karena itu penting sekali tempat cuci tangan dan harus disiapkan. Masker selalu dipakai,” tegasnya. (*)

  • Bagikan