News  

Knalpot Brong Ditindak Petugas

Knalpot brong atau tidak standar bersuara keras ditindak petugas. Selama operasi, petugas Polres Cilacap amankan 85 knalpot brong. (doc)

CILACAP – Knalpot brong atau knalpot racing terpaksa ditindak petugas Polres Cilacap karena melanggar aturan. Terutama karena melebihi batas maksimal suara yang keluar dari saluran pembuangan tersebut.

Sesuai dengan regulasi pemerintah tentang batasan maksimal suara yang keluar dari kendaraan bermotor, suara yang keluar harus sesuai dengan standar. Aturan itu menyebutkan, kendaraan dengan kapasitas mesin antara 80 cc sampai 175 cc, maka suara yang keluar dari knalpot maksimal 83 desibel.

Sementara kendaraan dengan kapasitas mesin di atas 175, maksimal 85 desibel. Aturan ini juga berlaku bagi motor gede karena patokannya adalah kapasitas mesin dan suara yang keluar.

Hingga knalpot dengan desibel di atas itu, masuk kategori brong dan akan ditindak petugas.

Kasat Lantas Polres Cilacap, AKP Ris Andrian Yudo Nugroho, pihaknya selama operasi dari 10 Januari hingga 17 Januari 2022 sudah menindak 89 knalpot brong.

“Sampai hari ini (17/1/2022), sudah menjaring 89 knalpot. Jumlah ini cukup banyak di jajaran Polda Jawa Tengah,” ujar Kasatlantas.

Dia menambahkan, operasi knalpot brong ini mengambil titik di sejumlah pos lalu lintas. Demikian juga saat petugas tengah melakukan patroli. Jika mendapati ada knalpot brong, petugas akan segera menindak.

“Kita himbau agar kembali ke knalpot standar,” katanya.

Knalpot bawaan pabrikan, katanya sudah mempertimbangkan dan menghitung suara yang keluar agar sesuai dengan regulasi. Selain itu, knalpot ini juga sudah melalui serangkaian uji coba agar aman bagi pengendara. Hingga pengendara tidak perlu lagi mengganti dengan knalpot modifikasi apalagi menjadi brong.

“Tidak perlu ganti,” tegasnya. (*)