News  

Minyak Tumpah Mulai Teratasi

Aktifitas warga dan nelayan yang mengambil tumpahan minyak di sekitar Dermaga Wijayapura, Cilacap, Selasa (28/6/2022). Pertamina Cilacap pastikan tumpahan minyak ini mulai teratasi. (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – Minyak dari kapal pengangkut yang tumpah di perairan selatan Cilacap, langsung teratasi. Ini setelah PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Cilacap menerjunkan tim dan sejumlah peralatan. Hingga ceceran minyak di sekitar Dermaga Wijayapura dan Area 70 sudah bebas dari tumpahan minyak.

Minyak Pertamina tumpah di pantai Cilacap dan berasal dari salah satu kapal. Kapal ini mulai bocor dan diketahui warga pada Senin (27/6/2022) sore, sekitar pukul 17.30.

Semula warga membiarkan saja Kebocoran pada kapal bermuatan minyak . Baru saat ada kapal pembersih tiba, warga mulai bertanya-tanya.

Informasi dari warga setempat menjelaskan, Selasa (28/6/2022) pukul 00.00, ada sebuah kapal datang ke lokasi untuk menyedot tumpahan minyak pertamina. Kapal ini menjadi pusat perhatian warga hingga mereka menggali keterangan dari pada pekerja kapal penyedot.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Kilang Cilacap, Cecep Supriyatna menyebutkan, pihaknya sudah melakukan prosedur penanggulangan melalui beberapa tahapan. Langkan ini mereka ambil pasca minyak tumpah pada Senin sore (27/6/2022).

“Tim telah melakukan penanganan dan pembersihan di area tersebut,” ujarnya.

Dia memastikan, tim sampai Selasa siang masih terus melakukan pembersihan. Hingga kondisi perairan Cilacap ini mulai lebih bersih dan tim sudah mampu membuat progres lebih maju.

Pertamina saat ini fokus untuk melakukan upaya pembersihan di lokasi kejadian. Hingga ketebalan minyak tumpah kian teratasi dan menipis. Ini karena lokasi minyak tumpah berada di areal kerja Pertamina Cilacap.

“Kami fokus pada pembersihan lokasi dan sesegera mungkin minyak tumpah ini bisa teratasi,” katanya.

Cecep berjanji akan membersihkan lokasi ini dari tumpahan minyak dan tidak ada yang tersisa. Sementara penyebab kebocoran masih dalam penyelidikan.

“Penyebab terjadinya minyak tumpah ini masih dalam penelusuran,” tegasnya. (*)