News  

Penyu Mati Gegara Makan Plastik

Penyu Lekang ditemukan mati dan terdampar di pantai Welahan Wetan Kecamatan Adipala, Cilacap. Penyebab kematian penyu karena makan sampah plastik. (doc)

CILACAP – Penyu berumur 25 tahun mati gegara makan sampah plastik. Warga menemukan penyu ini dan terdampar di Pantai Wagir Indah Desa Welahan Wetan Kecamatan Adipala, Cilacap, Sabtu (28/5/2022).

Penyu yang mati gegara makan sampah plastik ini berdiameter 45 cm dan berumur 20 hingga 25 tahun. Selain itu, penyu ini jenis Lekang.

Ketua Kelompok Konservasi Penyu Nagaraja, Cilacap, Jumawan mengatakan, perkiraan kematian penyu ini dengan melihat bangkai saat pertama kali ditemukan.

“Dari mulutnya keluar sampah plastik warna putih,” kata dia.

Dia memperkirakan, penyu ini makan plastik saat tengah berada di laut lepas. Penyu memang punya kelemahan dari sisi penglihatan. Hingga saat ada plastik mengapung di laut, langsung menjadi santapan penyu karena mirip ubur-ubur.

“Kelemahannya, kalau makan tidak bisa bedakan sampah atau makanannya. Saat plastik mengambang di tengah laut jadi terlihat seperti ubur-ubur hingga dikira makanan mereka,” terangnya.

Jumawan mengatakan, kondisi penyu ini sudah membengkak dan mengeluarkan aroma khas saat warga menemukannya. Hingga dia memperkirakan, penyu ini sudah mati selama 5 hari.

“Kemungkinan sudah lima hari mati,” katanya.

Kejadian penyu mati gegara makan sampah plastik ini menjadi yang pertama di Cilacap. Pihaknya sepanjang 2022 sudah 3 kali menemukan penyu mati namun bukan karena sampah. Penyebab kematian penyu antara lain terjebak jaring nelayan atau faktor usia.

“Ini yang pertama. Kalau sebelumnya belum pernah,” kata dia.

Dia mengakui, kondisi perairan Cilacap sering kali kotor karena sampah yang terbawa arus sungai. Seperti dari Sungai Serayu, dan sejumlah sungai lainnya. Termasuk sungai yang menjadi pembatas Cilacap Kebumen.

“Banyak sampah yang terbawa air sungai, terutama saat banjir hingga masuk muara,” tegasnya. (*)