News  

Pertamina Cilacap Raih 2 Penghargaan BISRA 2022

Pertamina Cilacap raih 2 penghargaan dalam ajang BISRA 2022. Penyerahan penghargaan di Jakarta, Rabu (29/6/2022). (doc)

JAKARTA – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap raih penghargaan di ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) 2022. Kilang terbesar dan paling strategis di Indonesia ini meraih dua sekaligus. Yakni Platinum Champion in CSR Program kategori BUMN/BUMD non TBK dan The Best Community Development/Empowerment Program kategori BUMN/BUMD.

Penghargaan diserahkan oleh Presiden Komisaris Bisnis Indonesia, Hariyadi Sukamdani kepada Pjs. General Manager PT KPI RU IV, Arief Budiyanto di Ballroom Le Meridien Hotel Sudirman, Jakarta, Rabu (29/6/2022). Hadir dalam acara tersebut adalah Area Manager Communication, Relations & CSR RU IV, Cecep Supriyatna beserta tim CSR & SMEPP RU IV.

Arief Budiyanto menyatakan, program Desa Mandiri Energi bertajuk Energi Mandiri Tenaga Surya dan Angin (E-Mas Bayu) dan Energi Mandiri Tambak Ikan (E-Mbak Mina) di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut kembali menjadi andalan peraih penghargaan tersebut.

“Dusun ini merupakan wilayah tertinggal dan tidak ada akses energi listrik,” ujarnya.

Lalu Pertamina Cilacap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH). Pertamina menggandeng masyarakat, Pemkab Cilacap dan pihak terkait untuk mengubah Dusun Bondan menjadi terang benderang.

“Ini jadi inovasi program CSR berbasis pemberdayaan masyarakat dan lingkungan,” kata Arief.

Lalu Pertamina Cilacap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH). Pertamina menggandeng masyarakat, Pemkab Cilacap dan pihak terkait untuk mengubah Dusun Bondan menjadi terang benderang.

Langkah ini kemudian berujung pada berbagai penghargaan yang berhasil Pertamina Cilacap raih dalam berbagai ajang. Saat ini Bondan menjadi salah satu Desa Mandiri Energi di Provinsi Jawa Tengah.

“Dusun Bondan sudah meraih 3 kali mendapatkan penghargaan Desa Mandiri dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” imbuh Arief.

Cecep menambahkan, penghargaan ini menjadi bukti nyata kehadiran perusahaan bagi masyarakat sekaligus wujud kolaborasi dengan berbagai pihak mengatasi permasalahan warga.

“Kami mengapresiasi semua pihak yang terlibat sehingga penghargaan ini akan memicu dan memacu kami untuk terus berkontribusi, berbagi energi terbaik ke seluruh pelosok negeri,” ungkap Cecep. (*)