News  

Pilkades Ada “Babak Tambahan”

ilustrasi

CILACAP – Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades di Desa Jenang Kecamatan Majenang, Cilacap, akan ada “babak tambahan”. Panitia sudah menerima berkas pendaftaran dari 6 orang.

Sesuai dengan aturan yakni Peraturan Bupati Cilacap atau Perbup tentang Pilkades, panitia akan menggelar proses babak tambahan berupa tes tertulis. Tes tertulis jika bakal calon lebih dari 5 orang. Karena dalam aturan ini membatasi jumlah calon kades paling banyak hanya 5 orang.

Sekretaris Desa Jenang, Aditya mengatakan, panitia sudah menutup masa pendaftaran bakal calon kades pada Jumat (18/2/2022). Ada 6 warga yang sudah menyerahkan berkas persyaratan secara bergantian.

“Ada 6 yang ndaftar,” ujarnya.

Kasi Pembinaan Kelembagaan dan Aparatur Pemerintah Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cilacap, Dhian Budi Listianto, memastikan Jumat (18/2/2022) merupakan hari terakhir pendaftaran pilkades.

Dia sudah memperkirakan jumlah pendaftar di pilkades Jenang akan lebih dari 5 orang. Karena itulah, Peraturan Bupati sudah mengantisipasi tersebut. Hingga pada kasus seperti ini, pilkades akan ada babak tambahan.

“Harus ada tes tertulis. Di Perbup sudah ada space waktu untuk ini,” kata dia.

Dia menambahkan, ada 44 desa di Kabupaten Cilacap yang menggelar pilkades serentak pada Maret 2022. Namun dia belum mengetahui berapa jumlah warga yang maju di tiap desa.

Termasuk desa yang tidak ada calon sama sekali. Jika ini terjadi, maka panitia harus melakukan tambahan waktu pendaftaran.

“Kalau yang ini (perpanjangan) saya belum tahu persis. Kan pendaftaran terakhir hari ini (Jumat 18/2/2022),” tegasnya. (*)