News  

Sungai di RSUD Bantu Sembuhkan Pasien

Manajemen RSUD Majenang jaga dan bersihkan sungai yang mengalir di sana. Selain itu, manajemen menebar ikan di aliran sungai tersebut, Kamis (6/1/2022). (doc)

CILACAP – RSUD Majenang memanfaatkan aliran sungai sebagai bagian dari upaya bantu sembuhkan pasien. Caranya dengan membuat sungai memiliki aura dan mampu memancarkan hawa segar. Dengan keberadaan sungai seperti ini, maka pasien akan lebih cepat menjalani proses recovery dan sembuh.

Langkah menciptakan hawa segar ini dengan cara menjaga kebersihan sungai yang ada di sana. Selain itu juga dengan menyebar sejumlah ikan agar bisa hidup dan berenang agar bisa terlihat para pasien.

Jajaran manajemen RSUD Majenang, bersama karyawan melakukan bersih-bersih sungai yang melintas di sana, Kamis (6/1/2022). Tepatnya di depan ruang aster untuk perawatan anak sampai dengan rekam medik.

“Ini sebagai tanggung jawab kepada alam. Sekaligus menciptakan hawa segar. Dengan demikian, sungai bisa di pakai menjadi media untuk sembuhkan pasien,” ujar Direktur RSUD Majenang, dr Reza Muharama.

Dengan membersihkannya, manajemen berharap agar sungai bisa berfungsi ganda karena sudah berubah menjadi kolam cantik. Sungai ini menyelusuri beberapa ruang perawatan di sana. Pemandangan ikan yang berenang di sungai itu bertujuan untuk bantu sembuhkan pasien.

Sungai tersebut sudah ada sejak RSUD Majenang masih berstatus Puskesmas. Puskesmas ini kemudian berkembang pesat dan membuka layanan rawat inap. Dan pada 2006 lalu, pemerintah Kabupaten Cilacap secara resmi merubah status menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Bagian sungai ini tetap dipertahankan dan membelah sisi barat ruang perawatan.

Sungai di dalam kawasan RSUD Majenang sebenarnya ada 2. Masing-masing berada di sisi timur dan barat. Dan sungai yang ada di sisi barat inilah yang menjadi wahana untuk bantu sembuhkan pasien.

Selain itu, talud atau tembok sungai juga sudah dicat warna-warni. Hingga aliran sungai ini lebih mirip kolam panjang dengan air mengalir. (*)