Tanah Bergerak Kembali Hajar Karanggintung

  • Bagikan
Lokasi Dusun Pagergunung Desa Karanggintung Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap. Dusun ini kembali bergerak setelah kejadian pada Mei 2021. (doc)

CILACAP – Tanah bergerak kembali hajar rumah warga Desa Karanggintung Kecamatan Gandrungmangu. Sebelumnya, kejadian serupa terjadi pada Mei 2021 dan mengakibatkan 6 rumah warga rusak parah.

Usai kejadian itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap bersama instansi terkait sudah mengungsikan warga dan para korban. Kemudian ada survey dari Badan Geologi Bandung dan memastikan 24 rumah warga berada di zona gerakan tanah.

tanah bergerak ini menambah panjang daftar wilayah yang mengalami bencana serupa. Pada Oktober dan November 2021, sudah ada bencana serupa di Kecamatan Wanareja dan Dayeuhluhur.

Di Kecamatan Wanareja, bencana tersebut memaksa 4 keluarga di Dusun Ciherang mengungsi. Sementara di Kecamatan Dayeuhluhur, 5 rumah warga rusak parah dan tidak layak untuk dihuni.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Wijonardi membenarkan ada pergerakan tanah tersebut.

“Pergerakan tanah ini lanjutan Mei lalu,” katanya, Senin (8/11/2021).

Wijonardi menambahkan, pihaknya sejak Mei lalu sudah membuatkan tenda untuk tempat mengungsi. Langkah lainnya adalah mengundang Badan Geologi guna memastikan status pergerakan tanah di Dusun Pagergunung itu.

“Hasilnya memang ini daerah rawan bencana. Termasuk lahan yang diajukan warga untuk pindah,” kata dia.

BPBD Cilacap sudah merencanakan untuk membangun hunian sementara (huntara) memanfaatkan lahan warga. Pemilik lahan sudah mengijinkan untuk menjadi lokasi huntap bagi warga korban gerakan tanah.

“Kebetulan lahan milik Pak Kades dan sudah diperbolehkan,” tegasnya.

Bencana tanah bergerak di Desa Karanggintung Kecamatan Gandrungmangu, mengakibatkan 9 rumah warga rusak. Tiga rumah diantaranya mengalami kerusakan berat dan sudah tidak layak dihuni. Pasca kejadian, 22 keluarga dan 79 jiwa warga Dusun Pagergunung Desa Karanggintung terpaksa tinggal di tenda darurat. (*)

  • Bagikan