Terlalu Sering Minum Kelapa Ternyata Berbahaya

  • Bagikan
Terlalu sering minum air kelapa muda bisa menimbulkan bahaya dan ancaman kesehatan bagi tubuh

PENULIS : HARYADI NURYADIN

CILACAP – Minum air kelapa muda saat tengah hari, atau ketika berbuka puasa memang sangat nikmat. Baik diminum dengan campuran bahan lain atau alami. Keduanya bisa memberikan kesegaran luar biasa dan sekaligus memberi manfaat bagi tubuh karena kelapa muda punya banyak khasiat.

Namun jika minum air kelapa muda terlalu sering, bisa mebahayakan tubuh dan adanya ancaman kesehatan. Sebab, kandungan kalium di air kelapa muda dapat menimbulkan efek samping tertentu.

Seperti yang dilansir oleh jpnn.com dari Genpi.co, ada beberapa ancaman jika mengkonsumsi air kelapa muda terlalu banyak atau terlalu sering. Berikut ancamannya.

  1. Sifat Diuretik

Air kelapa sebenarnya bisa mengatasi dengan cepat masalah dehidrasi atau kondisi saat tubuh kekurangan cairan. Namun jika terlalu sering mengkonsumsinya, justru ancaman dehidrasi akan muncul.

Sebab, air kelapa muda punya sifat diuretik. Jika terlalu sering meminumnya akan membuat seseorang harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Tentu saja ini tidak menyehatkan, apalagi saat menjalani ibadah puasa seperti sekarang ini.

  1. Elektronlit Tubuh Tidak Seimbang

Air kelapa mengandung kalium sangat tinggi dan sebenarnya baik untuk kesehatan. Namun jika kandungan kalium dalam darah terlalu tinggi akan mendatangkan bahaya. Dalam kondisi yang kerap disebut hyperkalemia akan mengakibatkan melambatkan kerja jantung.

  1. Jangan Jadikan Menu Utama Harian

Air kelapa memang punya banyak khasiat yang sangat bagus untuk tubuh dan rendah kadar lemak. Namun jangan dijadikan menu utama untuk menurunkan berat badan. Justru yang muncul adalah diare.

  1. Menimbulkan Kejang Otot

Kadar kalium yang tinggi ternyata bisa mengganggu perjalan jauh. Hingga mereka tidak disarankan minum air kelapa bagi siapapun yang melakukan perjalanan jauh dan lama. Sebab kandungan kalium tinggi ini dapat menimbulkan kejang otot dan rasa lelah di badan.

  1. Sebagai Pencahar

Efek samping lain adalah gangguang pada pencernaan jika minum air kelapa muda terlalu banyak. Sebab air kelapa ini termasuk pencahar alami.

Karena itu, sangatlah bijak jika mengkonsumsi atau melakukan apapun secara wajar dan biasa. Bukan berlebih-lebihan karena justru mendatangkan bahaya. (*)

  • Bagikan