Ultah, RSU Duta Mulya Ajak Gowes

Anggota DPR RI, Teti Rohatiningsih melepas peserta gowes, Sabtu (25/11/2023). Gowes bertepatan dengan Ultah RSU Duta Mulya ke 8. (doc)

CILACAP – Bertepatan dengan ultah ke 8, RSU Duta Mulya mengajak warga untuk gowes bareng, Sabtu (25/11/2023). Ajakan ini sekaligus untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan pola hidup yang sehat.

Gowes bersama RSU Duta Mulya start dari areal parkir. Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Teti Rohatiningsih nampak saat prosesi pelepasan oleh petinggi rumah sakit itu. Juga ada Tatto Suwarto Pamuji yang ikut sebagai salah satu peserta gowes.

Iring-iringan peserta bergerak ke arah timur menyusuri jalur alternatif di Majenang hingga kemudian kembali ke titik semula. Di sana, sudah ada both dan panggung hiburan yang menjadi tempat pengundian. Hadiah utama adalah 1 unit sepeda listrik.

Komisaris Utama RSU Duta Mulya, dr Tatang Mulyana SPOG mengatakan, panitia sengaja memilih gowes sebagai ajang kampanye kesehatan. Karena olah raga ini sangat murah dan bisa dilakukan siapa saja.

“Olah raga ini murah dan bisa ramai-ramai,” kata dia.

Dia menambahkan, saat ini banyak bermunculan penyakit atau keluhan kesehatan karena gaya hidup. Lebih tepatnya lagi gaya hidup yang kurang sehat. Gaya hidup kurang sehat ini mulai dari pola makan, pola istirahat hingga kerja berat. Hingga masyarakat harus mengeluarkan biaya banyak untuk proses penyembuhan.

“Sekarang banyak penyakit karena pengaruh gaya hidup, yaitu gaya hidup kurang sehat. Makanya, kita ajak masyarakat untuk kembali berolah raga,” katanya.

Bertepatan di ultah RSU Duta Mulya mencanangkan untuk “naik kelas” dari tipe D menjadi lebih tinggi. Caranya dengan menambah tenaga medis, fasilitas dan sarana pendukung.

“Sekarang baru 80 tempat tidur. Kita kejar jadi 200. Mudah-mudahan bisa secepatnya,” kata dia.

Ketua Panitia Ultah RSU Duta Mulya, dr Gunawan menambahkan, total ada 765 peserta gowes yang ikut memeriahkan acara. Mereka berasal dari Cilacap, Brebes, Pemalang dan Jawa Barat.

“Terjauh yang mendaftar kemarin ada dari Pemalang,” tegasnya. (*)