Wajah Alun-alun Majenang Lebih Terlihat

  • Bagikan
Wajah alun-alun Majenang usai ditata dan memudahkan warga untuk menikmati suasana santai. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Wajah alun-alun Majenang sekarang lebih jelas terlihat berkat penataan di bagian depan. Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Cilacap, menata bagian depan fasilitas umum tersebut.

Penataan meliputi peninggian tepi alun-alun agar sejajar dengan jalan nasional. Sebelumnya, ada bagian lebih rendah dengan kurang lebih 1 meter dan mirip parit antara alun-alun dengan jalan nasional.

Usai peninggian, dinas memasang granit khusus sebagai penutup. Alhasil, muncul kesan elegan di wajah alun-alun Majenang.

“Sekarang sudah selesai,” kata Koordinator Petugas Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Wilayah Majenang, Irawan Setiadi, Selasa (23/11/2021).

Dinas juga memasang tambahan fasilitas berupa tempat duduk taman berbahan metal. Tujuannya bisa menjadi tempat santai bagi warga terutama pada sore atau malam hari. Kursi ini menggantikan pragola yang mirip halte dengan tanaman merambat sebagai pengayom.

“Ada 2 kursi yang kita pasang,” katanya.

Dengan penataan ini, maka pandangan dari luar maupun ke dalam komplek alun-alun lebih bebas. Hingga wajah alun-alun tersebut bisa terlihat oleh pengendara yang melintas jalan nasional.

“Alun-alun jadi lebih terlihat,” kata dia.

Sebelumnya, dinas juga sudah menata pohon peneduh yang ada di depan alun-alun dengan cara memangkas lebih pendek. Pertimbangannya adalah guna memperjelas wajah alun-alun Majenang agar tidak tertutup dahan dan ranting. Selain itu, sebagai antisipasi pohon tumbang atau dahan patah selama musim penghujan. Jika terjadi, maka bisa menimbulkan ancaman bagi warga dan para pengendara yang melintas. (*)

  • Bagikan