20 Pelaku Perjalanan di Terminal Karangpucung di Rapid Tes, Hasilnya Dua Positif

  • Bagikan
Penumpang bus di Terminal Karangpucung, Cilacap di rapid tes antigen Senin (17/5/2021). 2 orang dinyatakan positif. (doc)

Cilacap – Sebanyak 20 orang penumpang di terminal Karangpucung Cilacap mendadak di rapid tes antigen, Senin (17/5/2021).

Mereka yang di rapid antigen ini merupakan penumpang yang akan kembali ke Jakarta, untuk kembali bekerja.

Namun, untuk memastikan pencegahan penularan Covid-19, Tim Satgas  penanganan Covid-19 melakukan pemeriksaan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap Tulus Wibowo mengatakan jika Senin ada sekitar 20 orang yang akan kembali ke Jakarta, menggunakan bus antar kota antar provinsi.

“Petugas melakukan pengambilan sampel kepada 20 penumpang di terminal Karangpucung, mereka akan krmbali ke Jakarta,” ujarnya.

Dari pemeriksaan tersebut, diketahui ada calon penumpang yang dinyatakan positif Covid-19.

“Dari pemeriksaan itu, hasilnya ada sebanyak 18 orang negatif dan 2 orang positif,” katanya.

Pelaku perjalanan yang dinyatakan positif tersebut langsung ditangani oleh petugas. Mereka langsung dibawa pulang untuk segera melalukan isolasi mandiri di rumah.

Satgas juga melakukan koordinasi dengan pihak desa dan Puskesmas, adanya warga yang terkonfirmasi positif.

“Untuk pelaku perjalann yang positif dilakukan pemulangan untuk pelaksanaan isolasi mandiri, dan akan dilakukan tracing oleh pemdes dan puskesmas setempat,” katanya.

Pemeriksaan kesehatan dengan rapid antigen ini sudah dilakukan secara berkala oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap sejak larangan mudik 2021.

Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap menyiapkan sebanyak 600 rapid antigen, untuk memeriksa para pelaku perjalanan yang masuk dan keluar Cilacap. (*)

  • Bagikan