News  

Aparat Gabungan Terus Lakukan Penyekatan Sapi

Aparat gabungan di Cilacap masih terus lakukan penyekatan terhadap ternak sapi yang akan masuk ke Cilacap. (doc)

Cilacap – Aparat gabungan TNI-Polri Kabupaten Cilacap terus lakukan penyekatan terhadap hewan ternak sapi guna mencegah masuknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Penyekatan ini dengan mendirikan pos di sejumlah wilayah perbatasan yang menjadi pintu keluar dan masuk kendaraan di Kabupaten Cilacap.

Adapun wilayah perbatasan diantaranya adalah di Pos Sampang, Pos Rawaapu Patimuan, Pos Mergo Dayeuhluhur dan Pos Jetis Nusawungu dan Jeruklegi.

Aparat gabungan di pos ini menghentikan dan memeriksa tiap kendaraan yang membawa sapi di pos penyekatan. Mereka lalu melakukan pemeriksaan kesehatan sapi, terutama yang akan masuk ke wilayah Cilacap. Aparat gabungan juga memeriksa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Danramil Maos Kapten Inf M Isa Saefudin menjelaskan, pihaknya telah menurunkan personilnya dan bersama anggota Polisi, Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan dan instansi. Aparat gabungan ini terus lakukan penyekatan terhadap ternak sapi yang akan melintas di jalur utama di Cilacap.

“Mereka kita turunkan untuk membantu pemerintah untuk mencegah dan menghindari masuknya PMK ke wilayah Kabupaten Cilacap. Bersama aparat gabungan, kita lakukan penyekatan dan pemeriksaan di jalur lalu lintas hewan sapi ternak di Pos Penyekatan,” kata Danramil.

Petugas memastikan kendaraan untuk putar balik jika tidak memiliki dokumen berupa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Petugas meminta agar pengemudi mengurus SKKH di tempat asal pembelian sapi tersebut.

“Semua ini bertujuan memperketat pengawasan keluar masuknya angkutan yang membawa sapi di Kabupaten Cilacap dan mengantisipasi PMK pada hewan ternak,” tandasnya. (*)