News  

Api Diduga Dari Lantai 2 Pasar Kroya

Titik api kebakaran di Pasar Kroya diduga berasal dari lantai 2 Blok C. (doc)

CILACAP – Kobaran api yang membakar Pasar Kroya diduga berasal dari lantai 2, tepatnya blok C. Api kemudian dengan mudah merambat ke hampir seluruh blok, termasuk blok yang ada di belakang. Menjelang maghrib, kobaran api kian membesar dan mulai merambat ke blok utara Pasar Kroya.

Sejumlah saksi mata mengatakan, mereka melihat kepulan asap keluar dari lantai 2 Pasar Kroya, sekitar pukul 17.00, Kamis (23/12/2021).

Camat Kroya, Budi Narimo mengatakan, warga pertama kali melihat asap dari titik tersebut. Hingga kemungkinan api diduga berasal dari lantai 2.

“Tau-tau ada kepulan asap. Sekitar jam 5 sore,” ujar Budi.

Dia belum bisa memastikan sumber api tersebut karena sampai pukul 21.00, upaya pemadaman masih berlangsung dengan melibatkan 9 unit mobil pemadam.

“Belum tau penyebabnya,” kata dia.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji kepada sejumlah awak media juga belum bisa memberikan keterangan terkait penyebab kebakaran.

“Nanti Pak Kapolres,” kata dia.

Bupati menambahkan, pihaknya bersama aparat terkait terus berupaya untuk mencegah agar kobaran api tidak sampai meluas. Ini karena hampir semua kios di Pasar Kroya sulit untuk selamat dari kobaran api.

“Ini kayanya susah kita selamatkan. Tapi kita upaya jangan sampai (merambah) ke kanan dan kiri,” kata Tatto.

Kasatpol PP Kabupaten Cilacap, Luhur Satrio Muchsin menambahkan, sampai pukul 23.30 petugas pemadam masih terus menyiramkan air ke titik api. Upaya ini menjadi prosedur pemadaman api dan masuk fase pendinginan agar memastikan api benar-benar padam.

“Ini masih pendinginan,” ujarnya Kamis (23/12/2021) malam.

Dia menambahkan, sekitar pukul 21.30 petugas mulai bisa mengendalikan kobaran. Namun demikian masih ada sejumlah titik api besar terutama di sisi utara Pasar Kroya.

“Tadi sekitar pukul setengah sepuluh, api mulai bisa dikendalikan,” tegasnya. (*)