Aplikasi Pendaftaran Vaksinasi Diluncurkan

  • Bagikan
Bupati Cilacap bersama Forkompinda meluncurkan aplikasi pendaftaran vaksinasi online, Jumat (30/7/2021). Aplikasi ini untuk mempermudah warga mendaftar dan bisa divaksin. (doc)

CILACAP – Satuan Tugas Penangganan Covid19 Kabupaten Cilacap, meluncurkan aplikasi untuk pendaftaran vaksinasi, Jumat (30/7/2021). Aplikasi ini diharapkan memudahkan warga yang ingin divaksin. Aplikasi pendaftaran online vaksinasi ini diberi nama VIVA CILACAP.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji usai launching mengatakan, aplikasi ini diharapkan lebih memudahkan warga untuk mendaftarkan diri mereka. Selain itu tidak ada lagi antrian warga di tempat pendaftaran.

“Dengan aplikasi ini penumpukan antrean yang ada di loket pendaftaran dapat diatasi, sehingga lebih cepat dan efisien,” katanya.

Berdasarkan Permenkes Nomor 10 Tahun 2021, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan ketersediaan vaksin. Kelompok prioritas pertama adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas kesehatan. Berikutnya adalah masyarakat lanjut usia dan petugas pelayanan publik. Demikian juga dengan masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, ekonomi dan masyarakat lainnya.

Bupati menambahkan, sasaran vaksinasi di Kabupaten Cilacap sampai tahap ini mencapai 1.532.617 orang. Sementara sampai minggu ke 26, sudah divaksin dosis 1 sebanyak 166.051 orang dan dosis 2 sebanyak 104.906 orang.

Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan bisa mempercepat capaian vaksinasi karena warga bisa mendaftar melalui telepon seluler ataupun komputer.

“Adanya kemudahan pendaftaran akan meningkatkan antusias dari masyarakat Kabupaten Cilacap untuk mengikuti vaksinasi,” ujar Bupati.

Dandim Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, menegaskan aplikasi VIVACILACAP akan dimulai tanggal 01 Agustus 2021. Dia juga meyakini aplikasi ini akan memangkas antrian warga di loket pendaftaran.

“Biar tidak ada antrian di tempat pendaftaran,” tegas Dandim. (*)

  • Bagikan