Bupati Ancam Toko Modern Jika Tidak Jual Produk Lokal

  • Bagikan
Bupati Cilacap saat tarhim Jumat (23/4/2021) malam memastkan akan menindak jika ada toko modern tidak mau menampung produk lokal

PENULIS : HARYADI NURYADIN

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji sudah siap untuk memberikan tindakan tegas bagi pemilik toko modern, toko swalayan, pusat perbelanjaan atau mall. Tindakan ini dilakukan jika toko modern ini mengabaikan perintah Menteri BUMN Erick Thohir. Tiap toko modern harus menyediakan space atau konter untuk produk lokal.

“Saya akan tindak tegas,” kata Bupati Tatto Suwarto Pamuji, usai kegiatan tarawih dan silaturahim di Kecamatan Karangpucung, Cilacap, Jumat (23/4/2021) malam.

Menurutnya, perintah menteri yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Kecamatan Karangpucung itu sudah sangat jelas. Hingga toko modern di Kabupaten Cilacap tinggal mengaplikasikan kebijakan tersebut. Caranya, tentu dengan membuka konter, lapak atau tempat untuk bisa memajang produk lokal.

“Toko modern, mall harus ada konter untuk produk lokal,” kata Tatto.

Hal ini kata Tatto sudah sejalan dengan program pemerintah baik pusat maupun daerah. Yakni program yang mengajak semua pihak untuk membeli produk lokal. Termasuk membeli produk dari Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di lingkungan masing-masing.

“Yuk kita beli produk lokal,” katanya.

Untuk itu, dia selalu mengajak pejabat terkait dari kabupaten maupun kecamatan. Dengan demikian bisa diketahui secara dini tiap kali ada masalah, terutama ekonomi di tingkat warga desa. Seperti saat melakukan taraweh keliling ke berbagai kecamatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Saya selalu bawa (kepala) dinas dan yang lain agar bisa segera tahu kalau ada masalah di bawah,” katanya. (*)

  • Bagikan