Cilacap Status Siaga. Hujan Deras Berpotensi Timbulkan Bencana

  • Bagikan
Hujan deras berpteonsi mengguyur Kabupaten Cilacap pada Senin (13/9/2021) dan Selasa (14/9/2021). Hujan deras ini bisa mengancam banjir dan tanah longsor. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) memperingatkan akan terjadinya hujan deras di Kabupaten Cilacap dan membuat wilayah masuk kategori siaga. Potensi hujan deras ini akan terjadi periode Senin (13/9/2021) mulai pukul 07.00 sampai Selasa (14/9/2021) pukul 07.00.

Curah hujan dalam periode ini masuk kategori menengah dengan membawa potensi ancaman bencana berupa banjir maupun tanah longsor.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendy Kurniawan mengatakan, potensi hujan deras ini sangat mungkin menimbulkan banjir dan tanah longsor.

“Masyarakat perlu mewaspadai potensi hujan deras dan statusnya menengah,” katanya, Senin (13/9/2021).

Dia menjelaskan, status terdiri dari waspada meningkat menjadi siaga. Sementara status tertinggi adalah awas. Dan potensi hujan deras dengan status siaga memang sering terjadi pada musim pancaroba, atau peralihan dari kemarau ke penghujan. Hingga masyarakat harus mewaspadainya karena kerap muncul cuaca ekstrim pada periode tersebut.

Merujuk pada peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, hujan deras ini berpotensi terjadi di Cilacap Utara, Maos, Jeruklegi, Sampang, Kesugihan, Adipala, Binangun, Nusawungu, Kroya dan Karangpucung.

“Harap masyarakat agar lebih waspada terhadap perubahan kondisi cuaca seperti sekarang ini,” kata dia. (*)

  • Bagikan