Daerah Pinggiran Cilacap Diamankan Dengan Rapid

  • Bagikan
Petugas kesehatan di Cilacap merapid karyawan pabrik secara acak, Senin (31/5/2021). (bercahayanews.com)

CILACAP – Warga yang tinggal di daerah pinggiran Kabupaten Cilacap, tak luput dari pemeriksaan petugas medis untuk memastikan mereka tidak terpapar Covid19. Terlebih lagi setelah 14 Anak Buah Kapal (ABK) Filipina terjangkit virus varian baru yang dikenal dengan varian India.

Terbaru dilakukan oleh Satgas Covid19 Kecamatan Sidareja, Cilacap dengan merapid secara acak karyawan pabrik Sunchang. Tercatat ada 17 karyawan pabrik yang dirapid petugas medis dan hasilnya negatif semua.

“Hasilnya negatif semua. Pengambilan sampling dilakukan secara acak,” ujar Camat Sidareja, Martono, Senin (31/5/2021).

Dia mengatakan, langkah serupa juga sudah dilakukan di lokasi lain dan waktu berbeda. Mulai pasca lebaran lalu dengan merapid pedagang dan pengunjung alun-alun. Tujuannya mengantisipasi jika ada pemudik yang lolos penyekatan dan berkumpul di sana.

Alun-alun Sidareja dipilih karena kerap menjadi tempat tujuan warga. Bukan hanya warga setempat, namun juga dari kecamatan sekitar seperti Kedungreja, Gandrungmangu, Cipari dan lainnya.

“Ini juga kita lakukan secara acak,” kata dia.

Demikian juga dengan tempat wisata. Petugas medis ditambah anggota pengaman mendatangi Kemit Forrest untuk merapid pengelola dan pengunjung. Petugas memilih secara acak dan hasilnya dinyatakan negatif seluruhnya.

“Semuanya negatif. Baik yang di alun-alun maupun tempat wisata,” tambahnya.

Dia mengatakan, langkah rapid di berbagai tempat secara berbeda dan acak untuk memetakan penyebaran Covid19 di wilayah tersebut.

Saat ini, warga Kecamatan Sidareja terpapar hanya ada 1 orang dan dinyatakan positif. 1 orang lagi berstatus suspect. Data ini berdasarkan laporan dari Satgas Kabupaten Cilacap per 31 Mei 2021. Satgas secara mengeluarkan laporan tiap hari.

Untuk Kabupaten Cilacap, Satgas mendata ada 567 warga terpapar dan 4 diantaranya berstatus Warga Negara Asing (WNA). (*)

  • Bagikan