Dana BOS Harus Akuntable

  • Bagikan
Wabup Cilacap Syamsul Aulia Rachman meminta agar pengunaan dana BOS harus benar-benar sesuai peruntukan. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Dana BOS atau Bantuan Operasional Sekolah harus transparan dan akuntable. Hal ini kaitannya dengan perencanaan, penggunaan dan pelaporan. Seluruh perencanaan sampai pelaporan harus sama.

Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rachman meminta agar tidak ada kegiatan yang tidak ada di perencanaan.

“Rencana A B C D, tapi kegiatan E F G,” ujarnya saat Rapat Koordinasi Aparat Pemerintah di Pendopo Kecamatan Majenang, Selasa (19/10/2021).

Syamsul mengatakan, perbedaan antara rencana dan realisasi kegiatan akan memunculkan pertanyaan besar. Terutama saat ada pemeriksaan laporan dari BPK dan instantis terkait lainnya.

Dia mengatakan, penggunaan dana BOS tersebut harus benar-benar sesuai rencana. Hingga nantinya dalam pelaporan juga akan selaras.

“Masih ada temuan dari BPK terkait dana BOS,” katanya.

Dia lalu meminta sekolah juga harus berhati-hati saat mencari sumber dana dari pihak ketiga yang bersifat tidak mengikat. Misalnya iuran wali murid.

Dana ini tersebut harus benar-benar sesuai dengan peruntukan dan rencana awal. Apalagi, pemanfaatan dana ini nyaris tidak ada pengawasan kecuali oleh Komite Sekolah.

“Karenanya penggunaan dan pertanggungjawabkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya. Jangan untuk kepentingan sendiri. Asal Komite dan Kepala Sekolah setuju. Jangan seperti itu,” tegasnya. (*)

  • Bagikan