Depresi, Lelaki Bakar Diri

Polisi periksa sisa bensin yang dipakai untuk JES (22), warga Kecamatan Kesugihan, Cilacap untuk bakar diri, Rabu (2/3/2022). (doc)

CILACAP – Depresi dan beban berat membuat seorang lelaki di Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan, Cilacap, nekat bakar diri. Pria berinisal JES (22) nekat bakar diri menggunakan bahan bakar jenis pertalite di dalam rumahnya sendiri.

Peristiwa ini berawal ketika JES pergi membeli pertalite dari warung dekat rumahnya Rabu (2/3/2022), sekitar pukul 11.20. Dia lalu bergegas kembali ke rumahnya.

Selang beberapa saat, 3 orang tetangga yang tengah berkumpul di teras melihat kobaran api dari rumah JES. Mereka mencari tahu asal api tersebut. Alangkah terkejutnya ketiga orang ini karena melihat api tengah membakar seluruh tubuh JES dan nampak menyala.

Ke 3 orang ini langsung mencari selang di rumah tersebut. Mereka juga segera mencari sumber air dan selang untuk mengalirkan air hingga memadamkan api yang tengah membakar tubuh korban tersebut.

Upaya memadamkan api memang berhasil. Namun tubuh JES sudah terluka parah akibat api yang membakarnya hingga harus mendapatkan perawatan intensif. Para tetangga lalu berinisiatif membanyak ke RS Afdila, Cilacap.

Sayang, nyawa JES tak tertolong karena luka bakar di seluruh tubuhnya. Dia dinyatakan meninggal pukul 13.30

Kasie Humas Polres Cilacap, Iptu Gatot Tri Hartanto mengatakan, petugs sudah meminta keterangan dari sejumlah tetangga guna menggali motif. Sejumlah saksi memastikan JES membakar dirinya sendiri menggunakan bensin jenis pertalite.

“BBM jenis Pertalite yang dia beli di warung untuk kemudian membakar diri,” ujar Iptu Gatot.

Dia menduga, motif lelaki muda ini nekat bakar diri karena depresi. Hal ini diperkuat dengan keterangan sejumlah tetangganya.

“Kuat dugaan karena depresi,” tegasnya. (*)