News  

Donasi LB Diserahkan ke Baznas dan Lazis-NU Cilacap

Manajemen Laksana Baru Swalayan menyerahkan donasi ke Baznas dan Lazis-NU Cilacap untuk kemudian dipakai menyantuni anak yatim. Donasi ini berasal dari sumbangan konsumen Laksana Baru Swalayan. (doc)

CILACAP – Donasi atau sumbangan dari konsumen LB Swalayan, diserahkan sepenuhnya ke Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas dan Lazis-NU Cilacap. Langkah ini untuk memastikan pengelolaan donasi para konsumen ada di lembaga lembaga resmi negara.

Penyerahan ini menjadi langkah maju dan memberikan kepastian bagi para donatur. Ini karena dana mereka ada di badan atau lembaga pengelola zakat. Hal ini terlihat saat LB menggelar Santunan Anak Yatim.

Sebagian donasi konsumen ini juga masuk ke Lazis-Nu. Lembaga zakat milik NU ini juga memiliki peran dan fungsi yang sama untuk mengelola zakat dari masyarakat.

“Seluruh donasi konsumen kami serahkan ke Baznas dan Lazis-NU. Nah kami lalu mengajukan program Santunan Anak Yatim ke Baznas dan Lazis-Nu. Usulan ini lalu disetujui,” ujar Manager Lukman Hakim.

Lukman menambahkan, Santunan Anak Yatim ini sudah menjadi agenda tahunan. Yang beda adalah peran Baznas dan Lazis-NU sebagai lembaga yang mengelola dan memberikan dana zakat untuk kegiatan tersebut.

“Intinya adalah, dana santunan ini punya Baznas dan Lazis-NU. Kami hanya jadi tempat penyaluran,” kata dia.

Menurutnya, santunan ini untuk 1052 anak yatim dari sejumlah kecamatan. Penyerahan donasi LB Swalayan ke Baznas dan Lazis-NU dilakukan secara simbolis. Baznas dan Lazis-NU kemudian menyerahkan santunan ini secara simbolis kepada sejumlah perwakilan.

Dia menjelaskan, selama ini donasi sebagian berasal dari uang kembalian konsumen. Kasir akan memastikan konsumen ikhlas memberikan pengembalian tersebut untuk kegiatan amal melalui donasi LB Peduli.

“Uang kembalian ini yang kita kumpulkan dan kita serahkan ke Baznas dan Lazis-NU,” tegasnya. (*)