News  

Donor Darah Demi Kejar Stok di PMI

Aksi donor darah dalam rangka HUT Korpri Kabupaten Cilacap menargetkan mampu menjaga stok darah di PMI. Donor darah tersebut digelar di pendopo Kecamatan Majenang, Cilacap, Rabu (25/10/2023). (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Donor darah dalam rangkaian HUT Korpri Kabupaten Cilacap, digelar untuk mengejar stok di PMI. Karena dengan kegiatan seperti ini, stok di sana tetap terjaga.

Aksi donor darah selalu menjadi pilihan kelompok masyarakat atau kelompok profesi. Kegiatan tersebut bukan sekedar memperlihatkan eksistensi kelompok tersebut. Namun justru untuk mengarahkan dan mengajak masyarakat agar memilik kepedulian kepada sesama.

Karena kebutuhan darah, kerap kali datang saat dalam kondisi darurat. Seperti menjelang operasi pembedahan di rumah sakit, atau untuk proses pasca operasi. Namun dalam kesempatan tertentu, rumah sakit harus mencari stok darah karena jenisnya terbatas. Seperti darah jenis AB yang memang tergolong langka.

Panitia HUT Korpri Kabupaten Cilacap, memutuskan untuk menggelar donor darah. Targetnya jelas, menjaga stok darah di PMI agar memudahkan masyarakat yang membutuhkan. Dan donor ini digelar di pendopo Kecamatan Majenang, Rabu (25/10/2023).

Camat Majenang, Aji Pramono S.STP mengatakan, pihaknya berharap agar aksi kemanusiaan ini bisa membantu sesama. Terutama bagi mereka yang membutuhkan darah.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami dalam rangka HUT Korpri, Hari Guru Nasional, HUT PGRI dan Hari Kesehatan,” katanya.

Dia mengatakan, pihaknya mengajak seluruh elemen di Kecamatan Majenang dan sekitarnya. Hingga warga dari 5 kecamatan ikut terlibat dalam aksi bersama tersebut.

“Peserta dari Kecamatan Majenang, Wanareja, Cimanggu, Dayeuhluhur dan Karangpucung,” katanya.

Meski dalam rangka HUT Korpri, bukan berarti peserta hanya dari instansi pemerintah. Namun berbagai kelompok masyarakat ikut terlibat. Terutama adalah pendonor aktif yang selama ini terbiasa melakukan donor darah.

“Ada juga anak sekolah,” katanya. (*)