News  

Gempa di Tegal Gegerkan Warga Cilacap

ilustrasi

CILACAP – Gempa di daratan, tepatnya di barat daya Kabupaten Tegal, gegerkan warga Cilacap, Jumat (15/12/2023). Gempa terjadi pada pukul 21.24 WIB dan berkekuatan 4,3 M.

Sejumlah warga Cilacap pada Jumat malam merasakan gempa yang sangat kuat dan berlangsung cepat. Warga yang tengah berada di dalam rumah merasakan getaran kuat. Sementara perabot rumah tangga yang menggantung nampak bergoyang.

Pusat gempa yang tergolong dekat dengan Cilacap ini, juga menimbulkan barang perkakas di dalam rumah bergerak. Hingga sejumlah warga merasakan getaran dan suara dari benda bergerak tersebut.

Yulianti (37), warga Desa Jenang Kecamatan Majenang, Cilacap merasakan gempa sangat kuat. Dia bersama seluruh keluarga langsung keluar rumah saat menyadari ada getaran akibat gempa.

“Getaran terasa sekali. Langsung keluar karena takut,” kata dia.

Hal serupa juga dikatakan oleh Susanti. Dia mengatakan, cermin kecil di dalam kamar bergerak sangat cepat. Selain itu, dia juga mendengar suara benda-benda yang berderit keras.

“Meja kursi pada geser. Lalu ada suara keras,” kata dia.

Situs bmkg.go.id memastikan, gempa terjadi pada pukul 21:24:34. Pusat gempa berada di darat, yakni 34 KM barat daya Kabupaten Tegal. Tepatnya di titik 7.15 Lintang Selatan dan 108.86 Bujur Timur dengan kedalaman gempa 10 KM.

Melihat dari posisinya di peta, pusat gempa di barat daya Tegal ini dekat dengan perbatasan Cilacap. Hingga wajar warga Cilacap ikut merasakan getaran gempa. Terutama warga Cilacap yang berada di sisi barat dan utara.

Belum ada informasi kerusakan akibat kejadian tersebut. (*)