News  

Guru Penggerak Diajari Paham Uang

Guru penggerak dari Cilacap dan Banyumas dilatih tentang uang Rupiah. Kegiatan ini kerja sama antara BI dan Guru Penggerak dari Kabupaten Cilacap dan Banyumas. (narisakti/bercahayanews.com)

PURWOKERTO – Guru Penggerak dari Kabupaten Cilacap dan Banyumas, menerima ilmu baru tentang uang dari Bank Indonesia Purwokerto. Pemahaman ini sangat penting karena para guru tersebut bisa menularkannya kepada para siswa di berbagai jenjang pendidikan.

Pembelajaran bagi guru penggerak ini dikemas dalam bentuk trainning of trainer di Purwokerto, Senin (7/3/2022). Nantinya para peserta akan melakukan praktek sosialisasi kepada para siswa SMA Nuskambangan, Cilacap.

Kepala Unit Implementasi Penggelolaan Uang Rupiah BI Purwokerto, Adianto Kusumas Adi mengakui, selama ini pemahaman baru sebatas pada uang saja. Hingga BI melihat butuh pendalaman pengetahuan terutama para guru akan mata uang Rupiah.

“Uang ini kan simbol kedaulatan,” kata dia.

Dia menambahkan, para guru penggerak ini merupakan mitra penting BI Purwokerto. Faktornya karena komunitas ini punya banyak anggota dan ada pengaruh besar. Selain itu, para guru penggerak ini punya murid hingga mereka bisa menjadi jembatan pengetahuan akan uang Rupiah.

“Mereka ini sebuah komunitas yang berpengaruh dan jadi mitra penting BI,” kata dia.

Dia menambahkan, pelatihan ini menekankan tentang pembentukan rasa cinta, bangga dan paham Rupiah kepada para guru penggerak. Hasil kegiatan ini nantinya, guru bisa meneruskannya kepada para siswa masing-masing.

Bentuk cinta yang dia maksud salah satunya adalah cara menyimpan dan merawat uang dengan baik hingga tidak mudah rusak. Selain itu juga membelanjakan Rupaih secara baik.

Dia menegaskan, pelatihan tersebut untuk guru dari Kabupaten Cilacap dan Banyumas dengan metode online maupun offline.

“Jadi ada yang offline dan juga online,” tegasnya. (*)