Ini Jadwal Rekapitulasi di KPU Cilacap

ilustrasi

CILACAP – KPU Cilacap menggelar rekapitulasi mulai Selasa (27/2/2024) di Hotel Daffam. Hari pertama penghitungan suara, petugas membuka kotak suara hasil rekapitulasi di tingkat PPK atau Kecamatan Dayeuhluhur.

Tahapan Pemilu 2024 sudah memasuki jadwal rekapitulasi di tingkat kabupaten dengan pengendali utama adalah KPU Cilacap. Semua ini dilakukan karena KPU menerapkan sistim penghitungan berjenjang. Mulai dari TPS, PPK, KPU Kabupaten dan KPU Provinsi. Lalu yang terakhir adalah rekapitulasi di KPU RI.

Untuk pelaksanaan rekapitulasi di tingkat kabupaten, KPU Cilacap sudah menyusun jadwal. Di hari pertama atau Selasa (27/2/2024), adalah menghitung perolehan peserta pemilu dari Kecamatan Dayeuhluhur. Menyusul kemudian dari Kecamatan Kampung Laut, Maos dan Sampang.

Di hari kedua, yakni Rabu (28/2/2024) petugas akan memaparkan D Salinan dari Kecamatan Kroya, Kedungreja, Sidareja, Karangpucung dan Adipala. Hari berikutnya yakni Kamis (29/2/2024), akan menghitung perolehan peserta pemilu yang bertarung di Kecamatan Binangun, Majenang, Cimanggu, Cilacap Selatan dan Utara.

Sementara Jumat (1/3/2024), KPU Cilacap akan menghitung perolehan suara peserta pemilu di Kecamatan Kesugihan, Bantarsari, Gandrungmangu, Cipari dan Cilacap Tengah. Sedangkan Sabtu (2/3/2024) menjadi hari terakhir.

KPU Cilacap sudah membuat jadwal kalau hari terakhir ini akan menghitung perolehan suara peserta di Kecamatan Nusawungu, Patimuan, Wanareja dan Kawunganten serta Jeruklegi.

Rekapitulasi di KPU selalu menarik perhatian para peserta pemilu. Mereka ingin memastikan data dari TPS tidak mengalami perubahan. Mereka berbekal formulir C Salinan yang dari para saksi utusan peserta pemilu.

Alasan partai ataupun caleg tetap mencermati rekapitulasi di KPU yakni memastikan perolehan suara. Karena dari hasil di KPU, sudah bisa memastikan siapa saja yang berhak menjadi anggota DPR RI dan DPRD Provinsi. Demikian juga dengan para calon anggota DPD RI.

Ini mengingat medan pertarungan para kontestan pemilu level provinsi maupun nasional berada di tingkat kabupaten dengan sistim dapil. Seperti Dapil 8 untuk DPR RI. Para caleg memperebutkan suara dari Kabupaten Cilacap dan Banyumas. (*)