News  

Isi Kekosongan Jabatan, Pj Bupati Lantik 8 Pejabat

Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Murri melantik 8 pejabat teras untuk mengisi kekosongan jabatan, Kamis (4/1/2024). Pengisian kekosongan jabatan di Cilacap butuh proses lebih panjang karena kepala daerah berstatus Penjabat. (doc)

CILACAP – Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri lantik 8 pejabat teras sekaligus untuk mengisi kekosongan jabatan, Kamis (4/1/2024). Pelantikan pejabat baru ini setelah ijin dari Mendagri turun.

Para pejabat baru ini adalah Hamzah Syafroedin yang menjadi Kepala Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA), Bayu Prahara (Kepala Pelaksana BPBD), Sukaryanto (Kepala Dinas Perhubungan) dan Indarto (Kepala Dinas Perikanan). Lalu ada Aris Munandar yang menduduki jabatan Inspektur Daerah, Sigit Widayanto (Kepala Dinas Ketahanan Pangan), Jarot Prasojo (Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap) dan Ahmad Nurlaeli (Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM).

Awaluddin Murri mengatakan, pemerintah sebelumnya menargetkan pelantikan pejabat baru ini pada Desember 2023. Namun karena ijin baru turun awal 2024, maka pemerintah baru bisa melakukan pelantikan sekaligus menutup kekosongan jabatan.

“Target semula kita di Desember (2023). Tapi baru terlaksana sekarang,” katanya usai pelantikan.

Dia menambahkan, pengisian kekosongan jabatan butuh proses panjang. Mulai dari tahap assesment, seleksi terbuka dan melaporkan proses awal ke KASN. Lalu ada tahap pengajuan usulan ke Badan Kepegawainan Negara untuk mendapatkan rekomendasi. Dari sana, usulan tersebut masuk ke Gubernur untuk kemudian diteruskan ke Mendagri.

“Butuh proses dan ini berlaku secara nasional. Terutama untuk PJ Bupati,” kata dia.

Dia berharap agar para pejabat baru yang bisa segera bertugas dan jumlah kekosongan jabatan di Cilacap bisa berkurang. Dan pelantikan 8 pejabat baru ini sudah menyesuaikan dengan SOTK terbaru.

“Mereka sudah sesuai dengan SOTK terbaru. Hingga besok tidak perlu pelantikan ulang. Beda dengan jabatan yang kemarin pelantikan masih menggunakan Perda lama,” terangnya.

“Para terlantik ini bisa melaksanakan tugas dengan amanah, memberikan yang terbaik dan profesional menuju Cilacap lebih baik. Semua OPD harus segera berlari cepat,” tegasnya. (*)