News  

Jalur Selatan Masih Sepi

Jalur selatan nasional di Kabupaten Cilacap masih sepi dari pemudik. Petugas Pos Mergo memastikan arus masih sangat lancar. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Jalur selatan nasional dan melintasi Kabupaten Cilacap, masih sepi dari para pemudik. Jalur ini diperkirakan akan mulai ramai dengan kendaraan berbagai jenis pada puncak arus mudik.

Kapolres Cilacap, AKPB Eko Widiantoro menyebut puncak arus mudik kemungkinan baru akan terjadi bersamaan dengan cuti nasional.

Namun demikian, dia belum berani memastikan prediksi tersebut mengingat sampai H-5 atau Rabu (27/4/2022), arus di jalur selatan masih sangat lancar.

“Puncak kemungkinan terjadi saat cuti bersama nanti,” kata Kapolres saat meninjau Pos Mergo yang menjadi pintu masuk pemudik dari arah Jawa Barat ke Jawa Tengah.

Kapolres menambahkan, pihaknya memiliki 3 pos utama di jalur mudik yang melalui jalur selatan nasional. Masing-masing adalah Pos Mergo, Rawa Apu dan Sampang. Ketiga pos ini memiliki fasilitas yang lengkap dan bisa membantu pemudik untuk pulang ke kampung halaman.

Di 3 pos ini ada tempat pelayanan kesehatan, rest area sekaligus arena bermain anak dan juga bengkel. Demikian juga dengan mobil derek yang siaga 24 jam untuk menolong kendaraan yang mengalami masalah. Dan ke 3 pos ini semuanya berada di jalur selatan nasional.

Kepala Pos Mergo, IPTU Heru Widi mengatakan, kondisi arus mudik di jalur selatan memang masih terbilang sepi. Hampir tidak pernah terlihat iring-iringan kendaraan berbagai jenis yang masuk Jawa Tengah melintasi pos tersebut. Kalaupun ada, rombongan kendaraan tidak lebih dari 5 unit dan melintas Pos Mergo secara bersamaan.

“Kendaraan masih sangat lancar,” kata Heru.

Heru melanjutkan, pos ini melakukan penghitungan kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah. Penghitungan melibatkan petugas jaga secara bergantian.

Data dari Pos Mergo menunjukkan, 63 kendaraan pribadi yang masuk Jawa Tengah dan terpantau petugas di sana. Selain itu ada 63 sepeda motor, 12 unit bus dan 25 truk.

“Ini hasil penghitungan petugas dari jam 11 sampai jam 12 siang ini,” tegas Heru. (*)