Kampanye di Cilacap, Anies Baswedan Sapa dengan Bahasa Ngapak

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan memberikan pidato saat kampanye terbuka di Cilacap, Rabu (24/1/2024). Anies menyapa pendukungnya dengan bahasa ngapak. (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – Kampanye berupa rapat terbuka dari Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, berlansung di Lapangan Krida Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara, Cilacap, Rabu (24/1/2024). Anies datang dan sempat menyapa masyarakat menggunakan bahasa ngapak khas Banyumasan.

Kedatangan Anies mendapat sambutan dari ribuan simpatisan dan pendukungnya. Warga sempat merangsek agar bisa melihat Anies dari dekat. Petugas harus membuka jalan agar Anies bisa langsung naik ke podium kampanye yang bertajuk Cilacap Pokoke Amin Bae.

Di panggung kampanye, Anies Baswedan mengaku senang berada di Cilacap. Apalagi bisa mendapat sambutan dari masyarakat secara langsung.

“Nyong bungah bisa tekan Cilacap,” kata dia.

Ketua DPD NasDem Cilacap, Cahyo Sasongko memastikan, 22.500 orang lebih yang ikut dalam kampanye akbar Anies Baswedan. Masing-masing berasal dari PKB, NasDem, PKS, Partai Ummat dan relawan.

“Ada 22.500 orang,” kata dia.

Dia mengaku yakin kalau Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan bisa mendulang suara besar di Cilacap. Angkanya bisa mencapai 25 persen.

“Saat ini memang baru 15 persen. Tapi kita targetkan bisa 25 persen. Di Cilacap,” kata dia.

Menurutnya, prosentase perolehan suara tergolong kecil karena minimnya kegiatan Anies di Cilacap. Sebelum kampanye ini, Anies Baswedan sempat ke Cilacap. Namun hanya singgah di Bandara Tunggul Wulung.

“Kemarin sempat mampir ke (Bandara) Tunggul Wulung,” katanya.

Namun demikian, dia yakin target tersebut bisa terpenuhi. Ini dengan melihat antusias warga dari partai pengusung dan pendukung saat kampanye di Cilacap.

“Target DPP memang 25 persen. Tapi kita akan lihat buktinya di 14 Februari. Kita buktikan Pak Anies diterima masyarakat Jawa Tengah. Khususnya Cilacap,” tegasnya. (*)