News  

Kebakaran Lahan Bikin Panik Warga Komplek Perumahan

Petugas Pemadam Kebakaran Cilacap bekerja keras memadamkan api di kebun pisang, Kamis (26/10/2023). Kebakaran lahan ini membuat warga komplek perumaha panik karena api sudah sangat dekat dengan rumah mereka. (doc)

CILACAP – Kebakaran lahan di dekat komplek perumahan warga di Cilacap, membuat mereka ketakuan luar biasa hingga ada yang panik, Kamis (26/10/2023). Lahan yang terbakar tersebut merupakan kebun pisang dan berbatasan langsung dengan rumah warga.

Informasi menyebutkan, kebun pisang yang terbakar tersebut berdampingan dengan Perumahan Pesona Bintan di Kelurahan Gunung Simping, Cilacap. Api mulai terlihat sekitar pukul 17.00 dari kebun pisang tersebut. Salah satu warga melihat adanya kepulan asap tebal dari arah kebun pisang.

Saksi kemudian mendekati lokasi kebakaran dan melihat lahan dan kebun pisang ini terbakar hebat. Dia lalu meminta bantuan warga lainnya dan kemudian bersama-sama memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun upaya ini tidak membuat api padam. Justru kobaran api terus membesar dan kian mendekati perumahan Pesona Bintan. Kondisi ini membuat warga perumahan menjadi panik dan ketakutan.

Mendapati kondisi tidak menguntungkan ini, salah satu warga lalu meminta bantuan ke Pos Pemadam Kebakaran Cilacap. Sementara warga lainnya terus berupaya untuk memadamkan api.

Sesampai di lokasi, petugas Pemadam Kebakaran langsung beraksi dengan menyemprotkan air. Kerja keras mereka bersama warga baru berakhir setelah petugas menghabiskan 5000 liter air bersih.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Cilacap, Supriyadi mengatakan, penyebab kebakaran lahan dan kebun pisang karena ada aktifitas pembakaran sampah. Namun api berkobar hingga membuat kebun pisang ini rusak. Kobaran api sempat membesar karena membakar daun pisang yang kering.

“Ada aktifitas pembakaran sampah di lokasi tersebut,” kata dia. (*)