News  

KPU Fokus Pada Pemungutan dan Penghitungan Suara Saat Simulasi

Warga melakukan pencoblosan saat simulasi pemilu di Cilacap, Senin (29/1/2024). Selama simulasi, KPU fokus pada proses pemungutan dan penghitungan suara. (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – KPU Cilacap fokus pada pemungutan dan penghitungan suara saat Simulasi Pemantapan di lapangan Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung, Senin (29/1/2024). Karena 2 tahap ini sangat vital dan membutuhkan ketelitian dari petugas di KPPS saat Pemilu 2024.

Proses Simulasi Pemantapan mulai dari paling awal. Yakni saat KPPS melakukan upacara, mendata warga yang datang hingga memberikan kartu suara. Lalu ada simulasi pencoblosan oleh warga. Terakhir adalah proses penghitungan suara hasil. Simulasi ini juga menghadirkan penyelenggaran pemilu lainnya yakni Bawaslu Kabupaten Cilacap.

Ketua KPU Cilacap, Waweng Waretno mengatakan, pihaknya belum terlalu memperhitungkan faktor lain saat simulasi. Namun masih fokus pada tahap pemungutan dan penghitungan suara saat simulasi tersebut.

“Jika pemungutan dan penghitungan suara tidak maksimal, maka kami tidak persiapkan simulasi untuk jika ada bencana,” katanya.

Namun KPU sudah memberikan gambaran dan langkah-langkah yang harus diambil KPPS jika terjadi bencana. Materi ini disampaikan saat bimbingan tekhnis (bimtek) bagi KPPS.

“Kita sudah sampaikan langkah-langkahnya seperti apa saat bimtek,” kata dia.

Menurutnya, fokus pemungutan dan penghitungan suara saat simulasi, juga didasari hasil evaluasi saat simulasi pertama di Kecamatan Maos. Dalam simulasi pertama ini, pihaknya mendapati ada masalah dalam hal pengisian sejumah formulir.

“Kemarin titik lemah bahwa setiap lembar seperti C Hasil itu ada 20 lembar. Tiap lembar ada penulisan nama dan tanda tangan. Evaluasi kami, penulisan bisa saat pemungutan. Itu tekhnisnya. Jadi bisa bersamaan,” katanya.

Simulasi pertama di Kecamatan Maos, juga memperlihatkan beberapa kelemahan lainnya. Salah satunya masalah aplikasi “si rekap”.

“Simulasi kemarin di Maos belum sempurn. Nah kali ini mendekati sempurna,” tegasnya. (*)