News  

KPU Lanjutkan Rekapitulasi di PPK

KPU kembali lanjutkan rekapitulasi di tingkat PPK, Selasa (29/2/2024). Sebelummya, KPU sempat hentikan rekapitulasi dengan alasan sinkronisisasi data di Sirekap. (doc)

CILACAP – KPU kembali meneruskan rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPK, Selasa (20/2/2024). Penghitungan di tingkat kecamatan ini sempat berhenti karena KPU harus melakukan sinkronisasi data di aplikasi Sirekap.

KPU akhirnya hentikan sementara proses penghitungan suara karena komisi harus melakukan sinkronisasi data Sirekap. Dengan demikian, tidak akan ada proses penghitungan suara untuk kategori DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Demikian juga dengan penghitungan suara untuk pemilihan presiden dan DPD.

Aplikasi Sirekap sejak pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024, kerap menemui kendala. Sejumlah anggota KPPS merasa kesulitan untuk menginput data perolehan suara.

Masalah ini berlanjut hingga terjadi perbedaan perolehan suara antara di aplikasi dengan lembar C Salinan yang merupakan hasil penghitungan dari KPPS. Perbedaan ini sempat viral setelah ada video netizen yang mengaku kaget adanya perbedaan suara antara di Sirekap dengan lembar C Salinan.

Komisioner KPU Cilacap, M Muhni memastikan, rekapitulasi di tingkat PPK kembali berjalan pada Selasa tersebut.

“Ya, mulai tanggal 20 (Februari),” kata dia.

Menurutnya, proses rekapitulasi di tingkat PPK dan seluruh jejang lainnya bisa dipantau masyarakat. Caranya dengan membuka website KPU. Selain itu, rekapitulasi ini juga menghadirkan saksi dari para peserta pemilu.

“Rekapitulasi di tiap tingkatan juga ada saksi dari para peserta pemilu,” kata dia. (*)