News  

Majenang Rawan Kecelakaan Karena Jalan Penuh Kelokan

Jalur selatan nasional di Majenang menjadi titik rawan kecelakaan. Faktornya karena jalan lebar dan penuh kelokan. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com0

CILACAP – Ruas jalan nasional yang ada di Kecamatan Majenang, menjadi titik rawan kecelakaan. Ini berdasarkan pemetaan di Polres Cilacap yang menjadi kewaspadaan petugas selama arus mudik.

Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro mengatakan, titik rawan kecelakaan ada di sekitar Majenang karena faktor jalan berkelok serta lebar.

Jalur selatan mulai dari perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat ke arah timur penuh dengan kelokan dan tanjakan. Tidak jarang ada kelokan ekstrim yang membuat pemudik kehilangan kendali atas kendaraan masing-masing.

“Titik rawan kecelakaan ada di Majenang. Mulai dari (Pos) Mergo (perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat), jalan lebar dan penuk kelokan,” ujar Kapolres saat meninjau Pos Pam Mudik, Rabu (27/4/2022).

Sementara titik rawan macet, ada di daerah Sampang. Wilayah ini menjadi pertemuan semua arus yang masuk ke Kabupaten Cilacap. Mulai dari Pos Mergo ke arah timur melalui Majenang. Demikian juga dengan arus dari Pos Rawa Apu di Kecamatan Patimuan.

Seluruh arus ini ketika keluar Cilacap akan melalui Sampang. Karena dari titik inilah, kendaraan pemudik akan meneruskan perjalanan menuju Jogyakarta maupun Magelan.

“Ini titik pertemuan semua arus dari Mergo maupun Rawa Apu,” kata dia.

Polres Cilacap sudah menyiapkan tim pengurai kemacetan di sejumlah titik. Mereka akan segera bergerak jika ada kemacetan di seluruh jalur mudik.

“Ada tim pengurai dari Satuan Lalu Lintas,” kata dia.

Kapolres menambahkan, pihaknya memiliki 3 pos utama di jalur mudik yang melalui jalur selatan nasional. Masing-masing adalah Pos Mergo, Rawa Apu dan Sampang. Ketiga pos ini memiliki fasilitas yang lengkap dan bisa membantu pemudik untuk pulang ke kampung halaman.

Di 3 pos ini ada tempat pelayanan kesehatan, rest area sekaligus arena bermain anak dan juga bengkel. Demikian juga dengan mobil derek untuk menolong kendaraan yang mengalami masalah.

“Ada 3 pos di jalur utama yang semuanya ada fasilitas lengkap,” tegasnya.