Nakes Terpapar, Puskesmas Cimanggu Tutup

  • Bagikan
Ruang rawat inap di Puskesmas Cimanggu 1 disemprot agar steril selama penutupan puskesmas dari 24 hingga 25 Juni 2021. (doc)

CILACAP – Lonjakan kasus Covid19 di Kabupaten Cilacap, tidak hanya membuat warga terpapar. Namun juga para tenaga kesehatan (nakes). Tidak sedikit petugas di fasilitas kesehatan publik ini terkena dan memaksa mereka menjalani perawatan atau isolasi.

Termasuk nakes yang bertugas di Puskesmas Cimanggu 1. Tercatat ada 10 nakes di sana yang terpapar virus Covid19. Mereka terdiri dari petugas parkir, dokter, perawat dan juga bidan.

“Ada sepuluh nakes yang kena,” ujar Kepala Puskesmas Cimanggu 1, Rusdianto, Jumat (25/6/2021).

Dia menambahkan, saat ini seluruh nakes tersebut menjalani isolasi mandiri. Mereka dipantau dan diharapkan bisa merampungkan masa isolasi hingga kemudian dinyatakan sembuh.

Puskesmas ini sejak Kamis (24/6/2021) sampai Jumat tutup. Petugas tidak memberikan pelayanan di ruang persalinan dan ruang rawat inap. Sementara ruang rawat jalan masih memberikan layanan kepada warga.

“Ruang rawat inap dan persalinan yang kita tutup,” kata dia.

Selama 2 hari tersebut, ruang rawat jalan selalu disemprot, sebelum dan sesudah pelayanan. Demikian juga dengan ruang lainnya sebagai upaya sterilisasi dengan menggunakan desinfektan.

“Sebelum dan sesudah pelayanan disemprot,” katanya.

Dia memastikan penutupan sementara ini hanya 2 hari. Petugas akan membuka kembali ruang rawat inap dan juga ruang bersalin pada Senin (28/6/2021). Sementara Sabtu (26/6/2021), puskesmas hanya membuka IGD karena kebijakan 5 hari kerja di Kabupaten Cilacap.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griyana Dewi menambahkan, sudah mengirimkan multyvitamin bagi nakes. Tujuannya agar mereka bisa tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dan tetap bertugas memberikan layanan kesehatan.

Para nakes ini dinilai sangat rentan karena bersentuhan langsung dengan pasien. Apalagi bagi mereka yang menjalankan tugas tracing atau melacak kontak erat pasien terpapar.

“Kita sudah kirimkan tambahan nutrisi bagi nakes biar tetap terjaga imunitas teman-teman di puskesmas,” kata Pramesti.

Sebelumnya, Puskesmas Cimanggu 2 juga ditutup karena alasan serupa. Petugas di sana terpapar Covid19 usai melaukan tracing terhadap kontak erat sejumlah warga. Penutupan serupa juga diambil Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap terhadap Puskesmas Karangpucung 1. (*)

  • Bagikan