Pedagang Pasar Divaksin

  • Bagikan
Pedagang Pasar Majenang ikut vaksinasi, Selasa (26/10/2021). Dinas akan menyasar seluruh pasar agar memberi kesempatan pedagang bisa divaksin. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Pedagang pasar tradisional di Kabupaten Cilacap, mulai divaksin oleh tenaga kesehatan (nakes). Vaksinasi ini sudah berjalan di sejak beberapa waktu terakhir dan menyasar sejumlah pasar.

Pedagang yang pertama mendapatkan kesempatan divaksin adalah warga pasar di wilayah pusat kota Cilacap. Termasuk warga Pasar Ikan. Menyusul kemudian pedagang pasar tradisional di daerah pinggiran. Mulai dari Pasar Kroya, Pasar Sidareja dan Majenang.

“Kalau yang di kota sudah semua. Termasuk pasar ikan. Semua baru dosis pertama,” ujar Kasie Legalitas Usaha dan Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Cilacap, Herliani, Selasa (26/10/2021).

Dia mengatakan, vaksinasi ini akan menyasar seluruh pasar di Kabupaten Cilacap. Pelaksanaannya tergantung pada jadwal hasil koordinasi Dinas Perdagangan dengan Dinas Kesehatan.

“Kita koordinasikan dengan Dinas Kesehatan. Tempat lain tentu akan ada jadwal tersendiri,” kata dia.

Dia mengakui vaksinasi bagi pedagang butuh pendekatan khusus karena mereka enggan ikut vaksin jika harus berhenti jualan. Akhirnya dinas mencari lokasi yang memenuhi syarat dan dekat dengan pasar.

“Seperti di puskesmas yang dekat dengan pasar. Jadi tiap hari kita kirim 25 pedagang ke puskesmas untuk vaksin,” katanya.

Dinas menilai kalau pedagang pasar masuk kelompok rentan karena tiap hari bertemu dengan banyak orang. Hingga vaksin bagi pedagang sangat penting untuk menumbuhkan imunitas dan daya tahan tubuh mengantisipasi paparan Covid19.

“Mereka kan tiap hari ketemu banyak orang hingga rawan terpapar. Nah dengan vaksin ini pedagang jadi lebih kuat,” kata dia.

Kepala Puskesmas Majenang 1, Sri Wahyuni mengatakan pihaknya menyiapkan 325 dosis vaksin untuk warga Pasar Majenang. Para peserta vaksin sebelumnya sudah terdata oleh dinas melalui kepala pasar.

“Dan hari ini (26/10/2021) kita ada kegiatan untuk warga Pasar Majenang. Kuota ada 325 vaksin untuk pemilik kios dan juga karyawan,” tegasnya. (*)

  • Bagikan