News  

Pelaku Penimbun Solar Subsidi Sudah 5 Bulan Jalankan Aksi

Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro saat beri keterangan tentang aksi 2 orang pelaku penimbun solar subsidi. Pelaku sudah 5 bulan jalankan aksi ini. (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – Pelaku penimbun solar subsidi di Kabupaten Cilacap, ternyata sudah 5 bulan jalankan aksi mereka secara sembunyi-sembunyi. Modus yang mereka gunakan adalah membeli solar dari sejumlah SPBU dengan menggunakan mobil truk dan menutupinya dengan terpal.

Anggota polisi dari Polres Cilacap berhasil amankan 3200 liter solar subsidi dari tangan sejumlah oknum. Kuat dugaan, para pelaku akan menyelewengkan solar untuk dan mengeruk keuntungan berlipat. Petugas juga mengamankan 1 unit mobil tanki yang mengangkut solar beserta sang pengemudi.

Keberhasilan polisi amankan 3200 liter solar subsidi ini berawal dari tertangkapnya truk tanki yang tertutup terpal dan membuat petugas merasa curig. Petugas lalu bergerak cepat dan amankan sopir bersama truk pada Rabu (13/4/2022) sekitar pukul 10.30 di SPBU Jeruklegi, Cilacap.

Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro menjelaskan, para pelaku penimbun solar subsidi sudah 5 bulan jalankan aksi tersebut.

“Mereka sudah 5 bulan melakukan aksi ini,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa solar tersebut mereka jual ke Semarang dengan menggunakan mobil tanki. Dari hasil pemeriksaan bahwa pelaku menjual solar ini dengan harga Rp 6000 per liter.

“Kita sedang lakukan penyelidikan lebih lanjut dan berkoordinasi dengan Polda Jawa Tengah, tegas dia.

Dari keterangan pelaku kepada petugas, mereka memasang pompa air untuk menyedot solar dari tanki mobil ke dalam kempu. Kempu ini juga berada di atas kendaraan bak terbuka.

“Para pelaku ini berbagi tugas. Satu jadi supir, satu jaga gedung penimbun,” tegasnya. (*)

Kepada wartawan, pelaku menyebutkan bahwa dalam satu hari mereka bgisa mengisi BBM di 4 hingga 5 SPBU di berbagai lokasi.