News  

Pertamina Bersihkan Tumpahan BBM di Lokasi Pipa Bocor

Aliran Sungai Jambu di Desa Jeruklegi Kulon, Cilacap mulai bersih dari tumpahan BBM. Pertamina segera bersihkan sungai ini dari tumpahan BBM pasca pipa bocor. (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – Pertamina langsung lakukan upaya agar bisa secepatnya bersihkan tumpahan BBM di lokasi pipa bocor. Pipa ini bocor sejak Rabu (3/8/2022) di Desa Jeruklegi Kulon Kecamatan Jeruklegi, Cilacap.

Sejak Kamis (4/8/2022), Pertamina menambah personil dan perlatan pendukung untuk membersihkan aliran sungai yang terkena rembesan BBM akibat pipa bocor.

Jaringan pipa milik Pertamina di Kecamatan Jeruklegi, Cilacap bocor, Rabu pagi. Kebocoran ini muncul saat Pertamina tengah menggarap proyek jaringan pipa BBM Cilacap-Bandung (CB) 3.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, memberikan penjelasan terkait langkah tersebut.

Melalui siaran pers Brasto memastikan, Pertamina lakukan upaya agar bisa bersihkan tumpahan BBM di lokasi pipa bocor tersebut.

“Kami telah menggerakan puluhan personel secara bergilir selama 24 jam. Untuk membersihkan dampak rembesan, kami menurunkan vacuum truk, oil boom, solid floatation boom dan mobil tangki. Kami juga bekerjasama dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan pihak-pihak terkait lainnya,” kata Brasto.

Usai pipa bocor dan BBM keluar, petugas langsung mematikan pompa dan menutup pipa tersebut. Tujuannya agar dapat fokus untuk melakukan perbaikan pipa dan membersihkan sisa tumpahan BBM di sekitar area rembesan.

“Langkah ini dapat segera menghentikan aliran BBM pada pipa CB (Cilacap-Bandung) yang pada saat itu sedang menyalurkan BBM dari Fuel Terminal Lomanis ke Fuel Terminal Tasikmalaya dan Integrated Terminal Bandung Group,” jelasnya

Mengenai penyebab rembesan, menurut Brasto, saat ini masih dalam proses penyelidikan. Pihak melakukan Kerja Sama Operasional (KSO) PT Hutama Karya-PT Timas Suplindo yang menjadi pelaksana proyek pipa Cilacap Bandung (CB) 3 dalam penyelidikan tersebut. Juga untuk proses penanggulangan. (*)