News  

Pipa Pertamina Bocor

Pipa Pertamina di Cilacap, bocor pada Rabu (3/8/2022) pagi. Pertamina langsung tangani masalah ini. dan menjamin stok BBM tetap aman. (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – Jaringan pipa milik Pertamina di Kecamatan Jeruklegi, Cilacap bocor, Rabu (3/8/2022) pagi. Kebocoran ini muncul saat Pertamina tengah menggarap proyek jaringan pipa BBM Cilacap-Bandung (CB) 3.

Informasi yang masuk redaksi menyebutkan, pipa Pertamina yang bocor ini berada di Dusun Lengkong Desa Jeruklegi Kulon Kecamatan Jeruklegi. Aliran BBM yang keluar dari pipa ini nampak membuat aliran air salah satu sungai di sana berubah warna. Air sungai ini nampak lebih gelap.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho membenarkan kejadian ini.

Brasto dalam siaran pers menyebutkan, pipa milik Pertamina tersebut bocor atau rembes saat ada pekerjaan proyek pipa di lokasi tersebut.

“Kejadian terjadi saat pekerjaan proyek pipa BBM Cilacap-Bandung (CB) 3 pada Rabu (3/8/2022) pagi,” ungkapnya

Dia belum menyebutkan secara pasti penyebab kebocoran pipa yang menjadi sarana distribusi BBM dari Cilacap tersebut. Untuk sementara, Pertamina masih melakukan investigasi dengan melibatkan tim internal.

“Ini sedang kita investigasi,” kata dia.

“Saat ini, kami sedang fokus ke penanggulangan dan memitigasi rembesan pipa dan melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Brasto memberikan jaminan kalau stok BBM tetap aman dan tidak terpengaruh sama sekali akibat kejadian tersebut. Untuk menjamin kelancaran pasokan, pihaknya akan memitigasi dan melakukan alih pasokan BBM dari Fuel Terminal lain. Pertamina akan mengambil langkah ini jika memang diperlukan.

Dia berharap agar masyarakat tidak panik atau khawatir atas pasokan BBM karena ada jaminan stok dari Pertamina.

“Masyarakat tidak perlu khawatir terkait pasokan BBM,” tegasnya. (*)