News  

PKK Cilacap dan Baznas Benahi Rumah Warga

Ketua Tim Penggerak PKK Cilacap, Teti Rohatingingsih menyerahkan bantuan program benah rumah, Jumat (29/7/2022). Program ini hasil kerja sama dengan Baznas Cilacap. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Juni 2022 ini benahi sejumlah rumah warga kurang layak huni. Program ini merupakan kerja sama antara PKK dengan Baznas Cilacap. Salah satu keluarga penerima bantuan ini ada di Desa Pahonjean Kecamatan Majenang.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Teti Rohatiningsih menyalurkan bantuan tersebut, Jumat (29/7/2022). Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua II Baznas, Akhmad Kholil dan sejumlah pengurus PKK Cilacap lainnya.

Teti dalam kesempatan itu mengatakan, program kerja sama ini tersebar di 24 kecamatan di Kabupaten Cilacap. Pihaknya sudah mengajukan bantuan benah rumah tersebut ke Baznas.

“Tapi baru sebagian yang bisa terwujud. Mudah-mudahan akan ada lagi,” kata Teti.

Dia mengatakan, bantuan ini sangat berguna bagi masyarakat di pedesaan terutama keluarga kurang mampu. Apalagi bagi mereka yang rumahnya memang belum layak huni. Seperti lantai masih dari tanah atau sarana lainnya yang belum lengkap.

“Ini sangat berguna bagi masyarakat,” kata dia.

Dia menambahkan, PKK Kabupaten Cilacap juga menggandeng dinas terkait untuk ikut terlibat dan membantu warga. Seperti Dinas Sosial yang ikut menyalurkan bantuan berupa beras bagi penerima program benah rumah.

“Ada bantuan beras dari Dinas Sosial,” katanya.

Akhmad Kholil menambahkan, benah rumah hanyalah salah satu program milik Baznas. Seperti Program Cilacap Peduli, Cilacap Sehat, Cilacap Makmur, Cilacap Cerdas dan Cilacap Taqwa. Dan benah rumah masuk program Cilacap Peduli. Sementara bantuan untuk pelaku UMKM masuk program Cilacap Makmur.

“Bantuan untuk pelaku UMKM bisa sarana berjualan seperti gerobag. Atau modal usaha,” katanya.

Untuk benah rumah, Baznas menyasar keluarga kurang mampu yang rumahnya belum layak huni. Sepanjan Juli 2022 ini, pihaknya menyalurkan bantuan untuk 28 keluarga di Kabupaten Cilacap.

“Bulan ini ada 28 (penerima),” tegasnya. (*)