News  

PKL Cilacap Terima Tenda Untuk Recovery Ekonomi

Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Teti Rohatiningsih menyerahkan bantuan tenda untuk PKL dari Pemkab Cilacap, Selasa (21/12/20221). Bantuan tenda sebanyak 276 menjadi bagian program recovery ekonomi. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – PKL di Kabupaten Cilacap terima bantuan tenda untuk berjualan. Bantuan ini menjadi bagian program recovery ekonomi karena PKL menjadi kelompok warga terdampak pandemi.

Penyerahan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Perdagangan dan UMKM bagi seluruh PKL di sana.

Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Teti Rohatiningsih mengatakan, bantuan ini menjadi bagian kerja sama antara pemerintah kabupaten dengan dirinya selalu anggota dewan.

“Akhir tahun ini kita bagikan serentak di seluruh kecamatan. Alhamdulillah sudah terdistribusikan sebanyak 476 tenda,” ujar Teti usai penyerahan kepada PKL di pendopo Kecamatan Majenang, Selasa (21/12/2021).

Teti menambahkan, recovery ekonomi sudah menjadi agenda pemerintah pusat. Sasaran program ini salah satunya pelaku ekonomi kecil. Sementara bentuk bantuan berupa penyerahan tenda untuk berdagang.

“Ini sudah menjadi agenda nasional untuk pemulihan ekonomi warga karena terdampak pandemi,” kata Teti.

Tahun depan bantuan serupa akan kembali bergulir. Bentuknya bisa beragam seperti gerobag untuk jualan dan lainnya. Perbedaan bantuan ini menyesuaikan kebutuhan warga atau pedagang kecil.

“Bantuan kita sesuaikan kebutuhan dan permintaan para pedagang kecil,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Teti juga membagikan santunan bagi anak yatim dan dari keluarga kurang mampu. Sasarannya adalah anak dari keluarga terdampak pandemi karena usaha orang tua mereka mengalami kendala.

“Bertepatan dengan Hari Ibu, saya membagikan santunan untuk anak-anak yatim dan anak kurang mampu. Karena orang tua mereka kemarin terdampak pandemi hingga usaha mengalami hambatan,” terangnya seraya menambahkan ada penyerahan 99 kartu BPJS untuk warga berkat bantuan dari RSU Raffa.

Camat Majenang, Iskandar Zulkarnain meminta agar para PKL bisa ikut menjaga kebersihan lingkungan mereka berdagang. Terutama bagi pedagang yang berjualan di sekitar alun-alun.

“Silahkan berjualan. Tapi tolong jaga kebersihan, ketertiban dan keindahan lokasi berjualan,” tegasnya. (*)