News  

RSUD Siapkan 79 Ruang Isolasi

Salah satu ruang isolasi di RSUD Majenang. Rumah sakit ini menyiapkan 79 ruang isolasi mengantisipasi lonjakan Covid19 yang mulai terjadi. (doc)

CILACAP – RSUD Majenang siapkan setidaknya 79 ruang isolasi untuk menampung pasien terkonfirmasi Covid19. Langkah ini sudah menjadi kebijakan manajemen rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Cilacap sejak pertengahan tahun lalu.

Tepatnya saat gelombang ke 2 Covid19 melanda seluruh wilayah di Kabupaten Cilacap dan terjadi antara April hingga Juni 2021. Kala itu, pemerintah meminta agar seluruh rumah sakit rujukan bisa menambah kapasitas ruang isolasi.

Tidak terkecuali RSUD Majenang yang menyiapkan 79 ruang isolasi. Sarana isolasi ini tersebar di 4 ruang perawatan. Masing-masing adalah Seruni, Dahlia, Edelweis dan Melati.

Kasie Pelayanan Medik Rawat Jalan dan Rawat Inap RSUD Majenang, dr Wartoyo mengatakan, seluruh ruang isolasi ini lengkap dengan sarana penunjang medis.

“Semuanya sudah kita siapkan. Ada 79 ruang isolasi,” kata dia.

Dia berharap, seluruh ruang ini tidak terpakai semua. Ini menandakan gelombang Covid19 dengan adanya varian Omicron tidak terjadi. Atau setidaknya, lonjakan kasus tidak setinggi pada 2021 lalu.

“Mudah-mudahan tidak terpakai,” kata dia.

RSUD Majenang sejak Februari 2022 merawat 5 pasien positif Covid19. Seluruh pasien ini ada gejala tertentu yang biasanya menjadi keluhan pasien Covid19. Hal inilah yang membuat mereka harus menjalani perawatan dan menempati ruang isolasi.

“Mereka bergejala. Ada yang sedang dan berat,” kata dia.

Selain itu, ruang isolasi RSUD Majenang juga ada 8 pasien berstatus suspect. Mereka sebelumnya sudah menjalani screening dan pemeriksaan serta menjalani swab PCR. Sembari menunggu hasil PCR keluar, mereka menempati ruang isolasi. (*)