News  

Sepeda Motor Ludes Terbakar Usai Isi Bensin

Petugas hanya bisa memandang sepeda motor yang ludes terbakar, Senin (8/1/2024). Penyebab kebakaran karena arus pendek di bagian pengapian. (doc)

CILACAP – Motor milik Sulastri (45), warga Desa Cinyawang Kecamatan Patimuan, Cilacap tiba-tiba terbakar hingga ludes, Senin (8/1/2024). Akibatnya, Sulastri merugi Rp 5 juta karena motor tidak ludes terbakar di tempat kejadian di Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap.

Sepeda motor sudah menjadi alat transportasi sehari-hari masyarakat. Mereka memilih motor karena lincah membelah kepadatan lalu lintas. Pengendara juga lebih leluasa bepergian dan tidak bergantung pada moda transportasi darat seperti bus dan lainnya. Namun, masih ada ancaman bahaya jika sepeda motor minim perawatan. Seperti yang terjadi pada Sulastri.

Kejadian bermula saat dia tengah melakukan perjalanan dari tempat tinggalnya di Kecamatan Patimuan. Sesampai di Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu, dia kehabisan bensin. Otomatis dia harus menepi untuk membeli bahan bakar agar sepeda motornya bisa kembali melaju lancar. Dia lalu berupaya untuk menghidupkan motor setelah tanki sudah kembali terisi bensin.

Detik berikutnya adalah kejadian yang tidak mengenakan. Tiba-tiba motor mengeluarkan asap, beberapa saat setelah dia mencoba menekan kick starter. Api dengan cepat merambat ke seluruh body motor hingga sepeda motor milik Sulastri ludes terbakar.

Api yang tengah berkobar ini membuat pemilik panik. Demikian juga dengan pedagang bensin eceran yakni Pariman (50). Pariman lalu menghubungi petugas Pos Pemadam Kebakaran Sidareja untuk meminta bantuan.

Mendapati laporan ini, petugas Pos Pemadam Kebakaran Sidareja langsung meluncur ke lokasi. Menyusul kemudian sejumlah aparat lain dari unsur TNI dan Polri. Petugas gabungan ini hanya mendapati motor milik Sulastri sudah ludes terbakar api.

Hasil pemeriksaan petugas memperkirakan, kebakaran terjadi karena arus pendek di bagian busi. Percikan api ini lalu membakar kabel dan bagian mudah terbakar lainnya di motor tersebut.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Cilacap, Supriyadi memastikan tidak ada korban atas kejadian ini. Namun pemilik motor mengalami kerugian materi senilai Rp 5 juta.

“Tidak ada korban jiwa,” tegasnya. (*)