News  

Sinkronisasi Sirekap, KPU Hentikan Penghitungan di PPK

Proses penghitugan suara di salah satu PPK di Cilacap, Minggu (18/2/2024). KPU hentikan proses penghitungan suara karena harus melakukan sinkronisasi aplikasi Sirekap. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – KPU akhirnya hentikan sementara proses penghitungan suara karena komisi ini melakukan sinkronisasi data Sirekap. Dengan demikian, tidak akan ada proses penghitungan suara untuk kategori DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Demikian juga dengan penghitungan suara untuk pemilihan presiden dan DPD.

Aplikasi Sirekap sejak pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024, kerap menemui kendala. Sejumlah anggota KPPS merasa kesulitan untuk menginput data perolehan suara.

Masalah ini berlanjut hingga terjadi perbedaan perolehan suara antara di aplikasi dengan lembar C Salinan yang merupakan hasil penghitungan dari KPPS. Perbedaan ini sempat viral setelah ada video netizen yang mengaku kaget adanya perbedaan suara antara di Sirekap dengan lembar C Salinan.

KPU pun akhirnya menghentikan proses penghitungan yang tengah berlangsung di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK. Komisi menyebarkan keputusan ini melalui pesan singkat. Alasannya karena ada sinkronisasi di aplikasi Sirekap.

Ketua PPK Kecamatan Majenang, Arif mengatakan, penghentian ini setelah ada pesan dari KPU Cilacap yang mendasari pesan serupa dari KPU RI.

“Atas arahan KPU RI, mohon disampaikan kepada PPK masing-masing bahwa bagi yang pleno kecamatan hari ini (Minggu), agar ada penjadwalan ulang. Menjadi tanggal 20 Februari dst, karena sedang dilaksanakan sinkronisasi SIREKAP,” ujar Arif, Minggu (18/2/2024).

Dalam pesan singkatnya Arif menambahkan, KPU hingga jajaran PPK ingin memastikan proses penghitungan suara tidak ada kendala lagi. Atau tidak ada perbedaan perolehan suara antara di Sirekap dengan C Salinan.

“Kita ingin memastikan bahwa kualitas data yang digunakan untuk rekap kecamatan lebih akurat,” kata dia.

“Mohon untuk dapat disampaikan kepada PPS, stakeholder Forkopimcam, Peserta Pemilu dan masyarakat umum,” tambahnya.

Dia memastikan, PPK sudah melaukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait. Termasuk Polri yang menjadi unsur pengamanan dalam Pemilu 2024. (*)