News  

Siswa Non Muslim Ikut Bagi Tajil

Siswa SD 02 Jenang Kecamatan Majenang, Cilacap bagi tajil, Jumat (22/4/2022). Sejumlah siswa non muslim juga terlibat dalam aksi ini. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Sejumlah siswa non muslim ikut bagi tajil bersama siswa di SD 02 Jenang Kecamatan Majenang, Cilacap di sekitar alun-alun Majenang, Jumat (22/4/2022). Kegiatan tersebut bertepatan dengan berakhirnya Ujian Sekolah bagi siswa kelas 6.

Sejumlah siswa non muslim dari SD 02 Jenang, tanpa ragu berbaur dengan siswa lainnya yang menggenakan busana muslim dan bagi tajil bersama. Mereka nampak memegang tajil dan dibagikan kepada pedagang kecil serta para pelintas di depan alun-alun Majenang.

Kepala SD 02 Jenang, Sumarni mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif dari anak-anak. Semula kegiatan ini hanya akan melibatkan siswa muslim.

“Tapi anak non muslim kemudian ikut,” ujarnya.

Dia menambahkan, tajil tersebut sepenuhnya berasal dari wali murid. Sementara proses pembagian melibatkan seluruh siswa dari kelas 1 hingga 6. Sementara khusus siswa kelas 6, menggelar buka puasa bersama usai pembagian tajil. Ini sebagai rasa syukur karena sudah merampungkan ujian sekolah.

“Kelas 6 ada buka puasa bersama setelah pembagian tajil,” kata Sumarni.

Menurutnya, bagi tajil saat bulan suci ramadan dapat menjadi pembelajaran bersama bagi para siswa, termasuk mereka siswa non muslim. Mereka akan terlatih dan memiliki karakter yang kuat. Salah satunya peduli terhadap sesama, toleransi beragama dan sifat menghargai perbedaan.

“Ini pembentukan mental bagi semua anak. Baik yang muslim maupun non muslim,” katanya.

Dia menambahkan, pembentukan karakter juga termaktub dalam pola pembelajaran merdeka yang lebih mengedepankan karakter anak.

“Karena tanpa karakter yang baik, anak akan kurang peka terhadap lingkungan. Tentu ini tidak baik bagi mereka saat dewasa nanti,” tegasnya. (*)