Sosialisasi 4 Pilar, Teti Rohatiningsih Target Indonesia Tentram, Aman dan Sejahtera

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar oleh Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Teti Rohatiningsih di Cilacap. Dia menargetkan Indonesia menjadi negara yang aman, tentram dan sejahtera. (doc)

CILACAP – Anggota DPR RI, Teti Rohatiningsih, S.Sos, dari Fraksi Golkar, kembali melakukan sosialisasi 4 Pilar ke Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng VIII. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Pertemuan Adipala, Sabtu (22/07/2023).

Sosialisasi empat pilar MPR RI merupakan agenda tahunan yang kompleks untuk lebih menanamkan nilai – nilai Pancasila kepada masyarakat.

Ada sejumlah aturan yang mendasari kegiatan sosialisasi 4 pilar. Yakni UU Nomor 17 Tahun 2014 jo UU Nomor 42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD Pasal 5 huruf a dan b, Pasal 11 C. Juga Peraturan MPR RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang tata Tertib MPR RI Pasal 6 huruf a dan b, Pasal 13 huruf C. Terakhir adalah Inpres Nomor 6 Tahun 2005 tentang dukungan kelancaran pelaksanaan sosialisasi UUD NRI Tahun 1945 oleh MPR.

Teti Rohatiningsih, S.Sos Anggota MPR RI yang menjadi narasumber di sosialisasi ini mengatakan, 4 pilar ini bukan hal baru bagi bangsa Indonesia.

Menurutnya, nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar sudah lama ada dalam ingatan dan hati seluruh rakyat Indonesia. Contohnya, Pancasila. Sebagai ideologi negara, Pancasila tidak tergoyahkan sejak Pancasila tercipta.

“Latar belakang pentingnya dilakukan sosialisasi empat Pilar MPR RI ini, katanya.

Salah satu karakteristik yang menjadikan Indonesia sebagai negara kebesaran, keluasan dan majemuk, ada ideologi yang berniat mengganti Pancasila. Ternyata gagal karena tertolak oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Pancasila tetap menancap kuat sebagai ideologi negara. MPR saat ini hanya berupaya untuk melakukan pemahaman kembali atau mengingatkan kembali Pancasila,” kata teti.

Kegiatan sosialisasi 4 Pilar ini diselenggarakan dan diikuti oleh sekitar 150 orang. Peserta merupakan masyarakat Kecamatan Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, yang menjadi Dapil dari Teti Rohatiningsih. (*)